Berkunjung ke Air Terjun Sikulikap Berastagi: Lokasi dan Daya Tariknya

Berkunjung ke Air Terjun Sikulikap Berastagi: Lokasi dan Daya Tariknya
info gambar utama

Sumatra Utara menyimpan berbagai daya wisata dengan bentang alamnya yang dikaruniai keindahan, termasuk air terjun. Berbagai air terjun menarik bisa kita temui di berbagai daerah di sini. Salah satunya adalah Air Terjun Sikulikap yang berada di Berastagi.

Sebagai daerah yang kerap menjadi tujuan wisata, Berastagi yang memiliki suhu yang sejuk memang sangat cocok untuk kamu datangi bila ke Sumut. Kegiatan jalan-jalan kamu bisa semakin lengkap dengan mengeksplorasi air terjun yang satu ini.

Kali ini, kami akan mengajak Kawan GNFI untuk mengenal lebih lanjut mengenai Air Terjun Sikulikap, mulai dari lokasi detailnya, daya tarik, aktivitas yang bisa dilakukan, HTM dan jam operasionalnya, hingga bagaimana rute untuk sampai ke sini. Jadi, baca artikel ini hingga selesai ya!

Mengapa Berastagi Masuk Kategori Kota Terdingin di Indonesia?

Sekilas Soal Air Terjun Sikulikap dan lokasinya

Air terjun yang satu ini terletak di tengah rimbunnya hutan di daerah Bukit Barisan yang keasrian alamnya masih sangat terjaga.

Lokasinya sendiri berada di Desa Doulu Kabupaten Tanah Berastagi, Martelu, Kec. Sibolangit, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Dari Berastagi, jaraknya kurang lebih 12 kilometer dan bisa dicapai dalam waktu 30 menit. Sementara bila dari Kota Medan jaraknya sekitar 53 kilometer dengan waktu tempuh 2 jam.

Dengan lokasinya yang secara geografis berada di dataran tinggi, udara terasa sangat sejuk di sini. Sehingga, tempat ini sangat cocok untuk kamu yang ingin mencari ketenangan, melepas penat dari hiruk pikuk kehidupan perkotaan.

Ditambah lagi dengan pohon-pohon yang menjulang tinggi di sekitarnya serta aroma dari pohon pinus yang membuat nuansa alam sangat terasa di sini.

Tinggi dari air terjun ini kurang lebih sekitar 30 meter. Debit airnya pun juga cukup deras. Dengan begitu, tidak banyak yang datang untuk berenang ke sini. Terlebih lagi bebatuan di sini juga tergolong licin.

Meskipun begitu, air terjun ini akan tetap membuat kamu terpana akan panoramanya. Dari bawah, kamu bisa melihat bagaimana megah dan indahnya air terjun yang satu ini. Bila beruntung, terkadang pelangi juga tak jarang bisa kamu lihat di sini.

Rekomendasi Kota untuk Pensiun di Sumatra Utara

Daya tarik Air Terjun Sikulikap

Tidak sekedar air terjun saja, tujuan wisata yang satu ini juga turut memberikan berbagai daya tariknya tersendiri. Sehingga, hal ini jadi nilai lebih yang bisa memberikan kamu kepuasan tersendiri ketika mengeksplorasi tempat ini.

1. Menikmati Pemandangan dan Suasana dari Air Terjun

View this post on Instagram

A post shared by Air Terjun sikulikap (@airterjunsikulikap)

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pengunjung yang datang ke air terjun ini memang tidak disarankan untuk berenang. Tapi, dengan pemandangannya yang demikian, sekedar duduk-duduk atau bersantai di sini jadi hal yang sangat menyenangkan untuk kamu.

Berada di tepian air terjun adalah titik yang direkomendasikan untuk di sini. Selain itu, terdapat pula spot lainnya untuk menikmati air terjun ini.

2. Melakukan Camping

Datang ke sini dan membuka tenda untuk menikmati alam juga jadi pilihan yang menarik bila kamu mau datang ke Air Terjun Sikulikap. Di sini, terdapat tempat yang secara khusus ditujukan untuk pengunjung yang ingin berkemah.

Di camping ground khusus ini pun pemandangannya juga tidak kalah indah. Pengunjung juga diizinkan untuk bermalam di sini.

Dengan menginap di sini, kamu akan mendapatkan pengalaman yang sangat menyenangkan. Ditemani dengan gemuruh suara air terjun, udara yang sejuk, suara hewan, serta nuansa alaminya menjadikannya tempat yang sangat cocok untuk bermalam.

Jadi, entah kamu mau solo camping atau berkemah bersama teman atau keluarga, bawalah alat-alat perlengkapannya.

3. Melakukan Panjat Tebing

Tidak sekedar menikmati air terjunnya saja, di sini pengunjung juga bisa mencoba untuk melakukan panjat tebing. Titik panjat tebingnya sendiri berada pada batu cadas yang berada tepat di sebelah air terjun. Hal ini cocok untuk kamu yang senang memacu adrenalin atau menyukai olahraga ekstrem.

Namun, bagi kamu yang memang mau mencobanya tenang saja. Tentunya berbagai perlengkapan serta instrumen keamanan lainnya sudah tersedia di sini.

Tak jarang, tempat ini pun kerap didatangi oleh para komunitas panjat tebing atau atlet yang hendak berlatih.

4. Berfoto Ria

Kamu senang mengabadikan momen atau berfoto-foto? Di Air Terjun Sikulikap hal ini tentunya bisa kamu lakukan. Ada berbagai spot foto yang tersedia di sini untuk para pengunjung. Beberapa di antaranya adalah rumah pohon, rumah Hobbit, serta bangunan tradisional dengan gaya budaya Karo.

Dengan segala daya tariknya tersebut, Air Terjun Sikulikap jadi tempat yang sangat cocok untuk kamu yang ingin menikmati nuansa alam. Tertarikkah Kawan GNFI berkunjung ke sini?

7 Destinasi Wisata Alam di Sumatera Utara



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini