Hadir di Yogya, “Rumah Aku” sebagai Training Center Para Pelaku UMKM

Hadir di Yogya, “Rumah Aku” sebagai Training Center Para Pelaku UMKM
info gambar utama

Kesadaran masyarakat dan pihak terkait mengenai keberlanjutan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) semakin meningkat. Berbagai dukungan dari pemerintah pun semakin digencarkan dengan adanya bantuan untuk UMKM dan kehadiran layanan online yang semakin memudahkan pendaftaran izin usaha.

Tidak hanya itu, masyarakat dalam hal ini juga turut andil menaruh perhatian lebih kepada para pelaku UMKM. Hal ini dibuktikan dengan adanya berbagai komunitas maupun training centre yang hadir dari usaha swadaya masyarakat.

Di Yogyakarta, sebuah training centre “Rumah Aku” untuk para pelaku UMKM baru saja diresmikan, Sabtu (17/3/2024). Rumah Aku berlokasi di Jl. Ngentak, Gang Markisa, Pelem, Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Training centre Rumah Aku ini didirikan atas prakarsa banyak orang, di antaranya PT Appsku Aplikasi Indonesia, Imin Indonesia, BRI, PT Dokars, Majalah Selular, dan Garda Mandiri. Nantinya, Rumah Aku menjadi rumah para pengusaha UMKM yang bertekad untuk maju.

Menkop UKM Dorong SMESCO jadi Pusat UMKM dan Produk Lokal Indonesia

Fasilitas Rumah Aku

Direktur PT Aplikasi Karya Utama, Denny Aries, salah satu pihak yang terlibat dalam peresmian Rumah Aku ini mengungkapkan, dirinya akan menggandeng sejumlah pihak terkait untuk memfasilitasi para pegiat UMKM di Yogya. Rumah Aku akan menyediakan berbagai fasilitas yang menunjang para pelaku UMKM, seperti permodalan, teknis pengelolaan toko online, hingga branding produk.

Rumah Aku menyediakan layanan pelatihan tersebut secara gratis.

“UMKM yang mau maju kita fasilitasi, baik dari segi permodalan, pemasarannya dan lain sebagainya. Sehingga arah utamanya adalah agar para UMKM bisa berdiri di kakinya sendiri. Intinya Rumah AKU akan fasilitasi semua yang ada di sini secara gratis," ucap Denny, dikutip dari krjogja.

Ide layanan gratis tersebut muncul karena adanya minat yang sangat tinggi dari para pelaku UMKM untuk memahami informasi dan teknis kewirausahaan.

5 Event Kompetisi Wirausaha di Tahun 2024, Peluang Emas bagi UMKM

Tri Harso Wibowo, salah seorang koordinator Rumah Aku yang nanti turut mendampingi langsung para pelaku UMKM mengungkapkan, para pengusaha ternyata tidak hanya sekedar ingin memahami aspek legalitas, melainkan lebih dari itu.

Para pelaku UMKM membutuhkan pendampingan mengenai branding dan marketing yang lebih kekinian.

"Ternyata ekspektasi teman-teman UMKM kepada kami pendamping begitu banyak. ereka butuh masukan dari hulu ke hilir. Tentang bagaimana bahan baku, packaging, pasar, sampai ke permodalan. Dari obrolan itulah muncul di Rumah Aku beserta kurikulumnya,"ucap Harso Wibowo yang akrab disapa Kang Bejo.

“Adapun pasar yang kami buat salah satunya menghubungkan antara B to B atau penyedia atau pembuat. Harapannya Rumah Aku menjadi sebuah alternatif untuk para UKM yang mau mandiri. Terlebih kami akan melibatkan para pakar bisnis dengan jejaring nasional juga," imbuh Harso

Terbaru, Startup ini Dijuluki sebagai Pahlawan Digital UMKM 2023

Referensi:

  • https://www.krjogja.com/umkm/1244172871/rumah-aku-diresmikan-wadahi-penggiat-umkm-di-yogyakarta-untuk-berkembang-cek-apa-saja-layanannya

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Aslamatur Rizqiyah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Aslamatur Rizqiyah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini