5 Event Kompetisi Wirausaha di Tahun 2024, Peluang Emas bagi UMKM

5 Event Kompetisi Wirausaha di Tahun 2024, Peluang Emas bagi UMKM
info gambar utama

Tahun 2024 akan menjadi tahun yang penuh tantangan dan peluang bagi para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia. Pasalnya, ada lima event kompetisi wirausaha yang akan digelar sepanjang tahun ini, yang bisa menjadi ajang untuk mengasah kemampuan, memperluas jaringan, dan mendapatkan dukungan modal usaha.

Event-event tersebut adalah Wirausaha Muda Mandiri (WMM), Dimplomat Success Challenge (DSC), Pertamuda, Briliapreuner, dan Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF). Berikut adalah ulasan singkat tentang masing-masing kompetisi tersebut!

1. Wirausaha Muda Mandiri (WMM)

WMM adalah program tanggung jawab sosial (TJSL) utama Bank Mandiri yang telah dilaksanakan sejak tahun 2007. Tujuannya untuk membantu pemerintah dalam menumbuh kembangkan kewirausahaan di Indonesia khususnya di kalangan generasi muda.

Program ini menyelenggarakan kompetisi bisnis bagi para wirausahawan muda (mahasiswa maupun alumni) dengan berbagai kategori usaha. Para finalis WMM akan mendapatkan berbagai fasilitas seperti pelatihan, mentoring, pameran, penghargaan, dan hibah modal usaha.

WMM juga memberikan hadiah menarik sebesar Rp2,7 Milyar untuk para juara, kesempatan untuk berjejaring, dan liputan dari media-media nasional.

Periode pendaftaran: September—Oktober 2024

Baca juga: Menkop UKM Dorong SMESCO jadi Pusat UMKM dan Produk Lokal Indonesia

2. Diplomat Success Challenge (DSC)

DSC adalah program kompetisi kewirausahaan yang diselenggarakan oleh Wismilak, sebuah merek rokok kretek premium di Indonesia. Program ini telah berlangsung sejak tahun 2010 dan bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada kaum muda Indonesia yang berani berwirausaha untuk mendapatkan hibah modal usaha, pendampingan, dan edukasi.

Ada hadiah sebesar 2,5 Miliar bagi para pemenang. Program ini juga memberikan kesempatan kepada para peserta untuk bergabung dalam jaringan alumni DSC, Diplomat Entrepreneur Network (DEN), yang merupakan komunitas wirausahawan muda Indonesia.

Periode pendaftaran: Agustus—September 2024

3. Pertamuda

Pertamuda adalah program pengembangan ekonomi kreatif yang diselenggarakan oleh PT Pertamina (Persero), perusahaan minyak dan gas nasional Indonesia. Program ini diluncurkan pada tahun 2019 dan bertujuan untuk memberdayakan para pelaku usaha kreatif di Indonesia, khususnya di bidang fashion, kuliner, dan kesehatan.

Program ini menyediakan berbagai kegiatan, seperti workshop, seminar, coaching clinic, bimbingan teknis, pameran, dan kompetisi. Dengan mengikuti program ini, Kawan bisa mendapatkan kesempatan untuk menerima uang pembinaan sampai dengan ratusan juta.

Periode pendaftaran: Agustus—Oktober 2024

Baca juga: Road to 25 th Ganesha: Charity UKM Musik Ganesha di Sekolah Luar Biasa

4. Brilianpreuner

Brilianpreuner adalah program kompetisi wirausaha yang diselenggarakan oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI), yang memberikan kesempatan bagi pelaku UMKM untuk ikut dalam pameran ekspor. Program ini mengundang para pelaku usaha dari sektor Fashion/ F&B/ Home Decor. Craft/Accesories, Beauty/ Healthcare & Wellness.

BRI akan memilih pemenang dari peserta yang berhasil mencetak pendapatan tertinggi selama pameran, inovasi produk, dan social media campaign.

Periode pendaftaran: September—Oktober 2024

5. Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF)

ISEF adalah acara tahunan ekonomi dan keuangan syariah terbesar di Indonesia yang menjadi wadah integrasi berbagai kegiatan di sektor ekonomi dan keuangan syariah. Acara ini merupakan inisiatif yang dilakukan oleh Bank Indonesia dan bekerja sama dengan seluruh pemangku kepentingan yang terkait dengan ekonomi syariah dan keuangan syariah di Indonesia.

Di sini Kawan bisa mengikuti beberapa lomba wirausaha seperti Hijrahpreneur Competition untuk umum dan Youth Sharia Sociopreneurship Competition untuk kategori mahasiswa dengan total hadiah senilai ratusan juta rupiah.

Periode pendaftaran: Agustus—Oktober 2024

Itulah lima event kompetisi wirausaha yang akan digelar di tahun 2024, yang bisa menjadi peluang emas bagi para pelaku UMKM di Indonesia. Dengan mengikuti event-event tersebut, Kawan bisa mendapatkan berbagai manfaat, seperti peningkatan keterampilan, perluasan jaringan, dan dukungan modal usaha.

Bagi Kawan yang ingin tahu informasi lebih lanjut tentang event-event ini, dapat mengunjungi situs resmi yang ada dibawah ini.

Baca juga: AIESEC in Unsri Resmi Dilantik Sebagai UKM di Universitas Sriwijaya

Sumber Referensi:

  • Instagram: @ukmindonesiaid
  • Wirausaha Muda Mandiri - CSR. https://www.bankmandiri.co.id/web/csr/wirausaha-muda-mandiri.
  • Home | Diplomat Success Challenge - DSC Season 14. https://www.diplomatsukses.com/dsc.
  • Pertamuda - https://www.pertamuda.id/
  • BRILIANPRENEUR 2023. https://brilianpreneur.com/.
  • ISEF - Indonesia Sharia Economic Festival. https://isef.co.id/.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

MG
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini