Indonesia-Australia Sepakat Tingkatkan Kerja Sama untuk Giatkan Sektor Parekraf

Indonesia-Australia Sepakat Tingkatkan Kerja Sama untuk Giatkan Sektor Parekraf
info gambar utama

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno melakukan perjalanan dinas ke Australia.

Salah satu tujuan utamanya adalah bertemu dengan stakeholders industri pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) di negara tersebut, dengan tujuan memperkuat kerja sama dalam sektor parekraf dan merangsang peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia.

Australia menjadi salah satu pasar utama wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia, dan diharapkan peningkatan kunjungan dari Australia akan memberikan kontribusi positif terhadap pencapaian target kunjungan wisman tahun 2024 sebesar 14,3 juta kunjungan.

“Kami berkegiatan dengan industri parekraf di Australia, salah satunya Flight Centre untuk target peningkatan kunjungan wisman dari Australia,” kata Menparekraf Sandiaga dalam keterangannya, Selasa (20/2/2024).

Pada pertemuan tersebut, Menparekraf Sandiaga membahas potensi kerja sama dengan Flight Centre Travel Group, salah satu agen perjalanan terbesar di Australia. Pembahasan melibatkan berbagai aspek, termasuk upaya promosi yang diharapkan dapat meningkatkan minat kunjungan wisatawan mancanegara dari Australia ke Indonesia.

Dunia Terancam Mengalami Overtourism pada 2024, Bagaimana dengan Indonesia?

Menarik investor Australia

Dalam kunjungan kerja tersebut, Menparekraf Sandiaga turut berpartisipasi dalam forum diskusi investor yang dipandu oleh Bloomberg. Menparekraf menyampaikan bahwa banyak investor Australia tertarik untuk memahami kondisi ekonomi dan politik Indonesia setelah pemilihan umum.

Dengan demikian, kunjungan wisatawan Australia, khususnya yang sejalan dengan target peningkatan kualitas dan keberlanjutan sektor parekraf Indonesia, diharapkan dapat mempererat kerja sama antara Indonesia dan Australia.

“Kita sampaikan bahwa semua situasinya kondusif dan ada optimisme yang lebih bagi keberlanjutan pembangunan Indonesia ke depan,” ujar Sandiaga.

Menparekraf Sandiaga juga secara langsung meninjau program Indonesia Spice Up the World dengan mengunjungi beberapa restoran Indonesia di Sydney, termasuk Garam Merica dan The Sambal. Hal ini menunjukkan komitmen untuk memantau dan mendukung inisiatif promosi kuliner Indonesia secara global.

Lebih lanjut, Indonesia berkeinginan untuk memperluas penampilan produk-produk ekonomi kreatifnya di Australia. Dengan demikian, kerja sama lebih lanjut dengan Kemenparekraf akan terus dikembangkan untuk meningkatkan dampak ekonomi melalui langkah-langkah yang lebih lanjut.

Gokil! Ribuan Warga Norwegia Kepincut Wisata di Indonesia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini