Gokil! Ribuan Warga Norwegia Kepincut Wisata di Indonesia

Gokil! Ribuan Warga Norwegia Kepincut Wisata di Indonesia
info gambar utama

Indonesia menjadi pusat perhatian dalam Travel Expo terbesar di Norwegia, yang diselenggarakan di Telenor Arena, Oslo, pada 13–14 Januari 2024. Setidaknya 7.000 pengunjung memadati booth Indonesia—menunjukkan antusiasme calon wisatawan Norwegia untuk menjelajahi keindahan destinasi wisata di Tanah Air.

Duta Besar Indonesia untuk Norwegia Teuku Faizasyah mengatakan bahwa keikutsertaan KBRI Oslo di Travel Expo ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah kunjungan turis asing terutama warga Norwegia ke Indonesia. Pihaknya mencatat, jumlah wisatawan Norwegia ke Indonesia mencapai sekitar 19 ribu orang pada 2023, atau meningkat lebih dari 90 persen dari tahun sebelumnya.

Pada Travel Expo 2024, Booth Indonesia menampilkan tema "Escape the Winter" untuk memanfaatkan peningkatan tren liburan masyarakat Norwegia ke negara tropis selama liburan musim dingin. Indonesia memperkenalkan tujuan wisata di luar Bali, mulai dari Jakarta, Yogyakarta, Sumatera Barat, Lombok, Sumatera Utara dan Barat, hingga Sulawesi Utara.

Prospek cerah wisatawan asing

Berdasarkan data dari Travel Expo dan statistik Norwegia, wisatawan Norwegia memiliki periode wisata panjang (lebih dari 10 hari) dan tingkat pengeluaran wisata tinggi, khususnya saat liburan musim panas dan musim dingin yang berlangsung lebih dari 30 hari.

Adapun aktivitas pariwisata yang digemari para calon wisatawan Norwegia, di antaranya mengunjungi tempat wisata yang unik dan kaya budaya, termasuk kegiatan hiking dan diving. Selain bentang alam dan kebudayaan yang menarik, mereka juga mengharapkan ketersediaan fasilitas dan transportasi yang baik.

Menurut KBRI Oslo, wisatawan Norwegia merupakan salah satu yang paling banyak menghabiskan uang untuk berwisata. Meski kecil dari segi jumlah, kunjungan turis dari negara ini akan membawa dampak positif bagi perekonomian masyarakat lokal di Indonesia. Seperti diketahui, pemerintah saat ini tengah membidik wisatawan yang berkualitas.

Jadi Wisata Kelas Dunia, Banyuwangi Bakal Terkoneksi dengan Bali Barat

Target 14,3 juta turis asing

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menargetkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia mencapai 14,3 juta orang pada 2024. Pihaknya juga membidik 15 miliar dolar AS devisa dari wisatawan asing ini.

Untuk mencapai target kunjungan wisatawan mancanegara pada 2024, pemerintah menjajaki kerja sama dengan berbagai maskapai penerbangan internasional demi menambah rute penerbangan ke bandara internasional di Indonesia, salah satunya Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengungkapkan bahwa sektor parekraf telah berkontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Sektor ini juga disebut mampu menyerap tenaga kerja sehingga perlu ditingkatkan untuk menciptakan lebih banyak dampak ekonomi kepada Indonesia.

Sarana Pendukung Wisata dan Ekraf di IKN Tengah Dibangun, Kedepankan Konsep Ecotourism

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini