Jadi Wisata Kelas Dunia, Banyuwangi Bakal Terkoneksi dengan Bali Barat

Jadi Wisata Kelas Dunia, Banyuwangi Bakal Terkoneksi dengan Bali Barat
info gambar utama

Pemerintah berencana mengintegrasikan wisata di Kabupaten Banyuwangi ke Bali Barat untuk mengurangi beban wisata di Bali Selatan, sekaligus mendongkrak pariwisata di Pulau Jawa ke tingkat Internasional.

“Selama berpuluh-puluh tahun, Bali terpusat di Bali Selatan. Kita punya bandara kelas dunia, yang sudah dapat penghargaan Aga Khan, yaitu Bandara Blimbingsari. Ini akan dikembangkan dengan interkonektivitas ke Bali Barat dan Bali Utara,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno yang dimuat Detikcom.

Menparekraf mengungkapkan bahwa pemerintah akan mulai membangun infrastruktur yang bisa menghubungkan dua wilayah, yakni Banyuwangi dan Bali Barat. Dengan ini diharapkan destinasi-destinasi wisata dapat terhubung Anya dalam perjalanan 30 menit.

Indonesia Raih Predikat Destinasi Wisata Halal Terbaik Dunia 2023

Potensial wisata halal

Menparekraf Sandiaga menyebut Kabupaten Banyuwangi memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata halal dan religi. Banyuwangi disebut punya banyak potensi yang bisa dikembangkan.

Dari sisi kuliner, Banyuwangi juga memiliki makanan khas dengan cita rasa yang kuat. Makanan enak di Banyuwangi juga banyak yang dijual di rumah-rumah oleh warga sekitar. Salah satu kudapan khas dari daerah ini salah olahan hasil laut seperti rajungan.

Sementara untuk wisata religi, Banyuwangi bisa menjadi destinasi yang turut dilalui oleh para peziarah. Potensi wisata ziarah ke leluhur tokoh Muslim ini tidak hanya diminati oleh wisatawan dalam negeri, tetapi juga turis asing.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dalam hal ini akan menjadikan keberadaan pondok pesantren di Banyuwangi dan daerah lain di Jawa Timur sebagai lokomotif penggerak wisata halal dan religi daerah masing-masing.

“Pesantren super penting bagi lokomotif wisata halal yang sekarang menjadi peluang total penciptaan 4,48 juta tenaga kerja. Dan pariwisata halal ini market terbesarnya justru Jawa Timur,” kata Menparekraf Sandiaga.

Daftar Destinasi Wisata Halal Indonesia

Referensi:

Detikcom. Dongkrak Wisata Kelas Dunia. Banyuwangi Akan Terkoneksi dengan Bali Barat. https://www.detik.com/jatim/wisata/d-7139691/dongkrak-wisata-kelas-dunia-banyuwangi-akan-terkoneksi-dengan-bali-barat

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini