Indonesia Raih Predikat Destinasi Wisata Halal Terbaik Dunia 2023

Indonesia Raih Predikat Destinasi Wisata Halal Terbaik Dunia 2023
info gambar utama

Indonesia berhasil meraih predikat Top Muslim Friendly Destination of The Year 2023 dalam Mastercard Crescent Rating Global Muslim Travel Index 2023 di Singapura, Kamis lalu (1/6/2023).

Kabar membanggakan ini disampaikan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno. Menurutnya, kemenangan ini merupakan capaian yang luar biasa karena pada 2021, Indonesia bertengger di peringkat keempat, lalu kedua pada 2022.

"Kita mendapat hasil yang di luar dugaan, Indonesia berhasil ada di posisi pertama Global Muslim Travel Index," ucap Sandiaga, Jumat (2/6/2023).

Jakarta Muslim Fashion Week 2024, Langkah Indonesia Jadi Pusat Modest Fashion Dunia

Prestasi ini, kata Sandiaga, dapat tercapai berkat kolaborasi sejumlah pihak, khususnya Perkumpulan Pariwisata Halal Indonesia (PPHI), Halal in Travel, Mastercard Crescent, dan lainnya.

"Saya tadinya menargetkan 2025 (meraih peringkat pertama), ternyata di 2023 ini tim yang mempersiapkan berhasil mengeksekusi beberapa program-program andalan kita, sehingga kita pada akhirnya ada di posisi pertama," tambahnya.

Lewat kolaborasi ini, tak hanya Indonesia yang mendulang piala, tapi PPHI pun berhasil memboyong dua penghargaan sekaligus, di antaranya: Stakeholder Awareness Campaign of The Year dari Mastercard Crescent Rating GMTI Awards dan Stakeholder Awareness Campaign of the year dari Halal in Travel Awards 2023.

"Terima kasih untuk semua yang telah berjuang bersama, semoga ini bukan hanya dipertahankan, tapi ditingkatkan. Kita harapkan dari target 8,5 juta wisatawan juga ditopang oleh pariwisata halal dan wisatawan muslim," sambung Sandiaga.

Pencapaian ini, kata Sandiaga, diharapkan mampu mengakselerasi target penciptaan 4,4 juta lapangan kerja pada 2024 yang salah satunya bertumpu pada pariwisata halal.

"Penciptaan lapangan kerja di sektor pariwisata enam kali lipat lebih banyak dibandingkan sektor-sektor lainnya juga memberdayakan masyarakat secara signifikan," pungkasnya.

Tepung Tawar, Upacara Mohon Keselamatan ala Muslim Melayu yang Diadaptasi dari Umat Hindu

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

AH
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini