Prambanan Jazz Kembali Hadir di 2024, Bawa Semangat Pelestarian Budaya dan Pemajuan Wisata

Prambanan Jazz Kembali Hadir di 2024, Bawa Semangat Pelestarian Budaya dan Pemajuan Wisata
info gambar utama

Prambanan Jazz Festival, sebuah perayaan musik berskala internasional yang pertama kali diadakan sejak sembilan tahun yang lalu (2015) di Candi Prambanan, Yogyakarta, kini kembali diselenggarakan dalam rangkaian acara tiga hari pada tanggal 5, 6, dan 7 Juli 2024.

Dengan tema "Satu Dekade Bersama", festival ini dirancang untuk menyatukan penonton dan penampil dari berbagai kota dan negara, dengan mempersembahkan beragam budaya, bahasa, dan busana.

Pada gelarannya tahun ini, Prambanan Jazz Festival akan menyediakan tiga panggung di kawasan Candi Prambanan, yakni Panggung Special Show, Panggung Festival, dan Panggung NAVASRPM. Tidak hanya memberikan kesempatan bagi musisi dari dalam dan luar negeri, tetapi juga menampilkan bakat-bakat baru dari tanah air, yang dikenal sebagai "emerging talent".

Selain itu, festival ini membuka peluang bagi musisi lokal untuk tampil melalui program "submission program", seperti yang telah dilakukan sebelumnya dengan Borneo Goes to Prambanan Jazz, Jawara Jakarta, Baku Nada, dan audisi khusus untuk anak-anak dan remaja dalam program I'm Jazz A Kids yang terbuka bagi mereka dengan rentang usia 7 hingga 16 tahun.

Gagasan PJF Jadi Alat Promosi Candi Prambanan ke Dunia Internasional

Kolaborasi pelestarian budaya dalam gelaran festival musik

Ide "Satu Dekade Bersama" diinisiasi sebagai tanggapan yang berkelanjutan terhadap kesuksesan acara Prambanan Jazz selama satu dekade, melibatkan kontribusi dari para seniman, penampil, dan penonton. Keberadaan acara ini diharapkan mewujudkan pertukaran visual, verbal, serta energi yang kuat dan berkesan.

Kerja sama dengan sponsor, seniman, pekerja seni, UMKM, dan semua pihak yang terlibat diharapkan menciptakan sinergi yang harmonis, memperkuat semangat kebersamaan dalam menikmati musik yang memesona di lokasi yang istimewa, Candi Prambanan.

Terlebih lagi, lokasinya yang berada di Kawasan Candi Prambanan yang telah terdaftar sebagai Warisan Budaya Dunia dari UNESCO semakin menguatkan semangat kebudayaan yang dibalut dalam gelaran festival musik.

Dukungan sepenuhnya untuk inisiatif ini juga datang dari PT TWC (PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko) sebagai promotor, yang bekerjasama dengan Rajawali Indonesia.

5 Hal Menarik yang Dapat Dilakukan di Prambanan Jazz Festival

“Penyelenggaraan Prambanan Jazz Festival ini selaras dengan nafas Candi Prambanan sebagai destinasi yang inklusif dan harmonis,” ujar Febrina Intan selaku Direktur Utama PT TWC

Sebagai pusat pertemuan kebudayaan dari pariwisata di Jogjakarta, acara ini diharapkan menjadi daya tarik utama bagi wisatawan dan penggemar musik dari berbagai belahan dunia. Prambanan Jazz Festival juga diharapkan dapat menyatukan seluruh pemangku ekonomi di wilayah Jogja dan sekitarnya, sehingga menciptakan efek domino positif sebaga dampak dari penyelenggaraan konser musik kelas dunia ini.

“Kami akan siapkan semua kuliner kekinian, kekunoan, serta kerajinan khas jogja di Prambanan Jazz Festival selama 3 hari, dan mari nikmati seluruh fasilitas yang kami siapkan spesial buat PJF Lovers.” ujar Anas Alimi selaku Founder Prambanan Jazz Festival & Rajawali Indonesia

Harapannya, Prambanan Jazz dalam peringatan tahun kesepuluhnya bukan hanya menjadi perayaan festival musik semata, melainkan juga memberikan dampak positif pada pertumbuhan sektor pariwisata di Candi Prambanan dan seluruh Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) serta Jawa Tengah secara keseluruhan.

Alasan Candi Prambanan Bisa Jadi Lokasi Pertunjukan Jazz Terbesar di Indonesia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini