Alasan Candi Prambanan Bisa Jadi Lokasi Pertunjukan Jazz Terbesar di Indonesia

Alasan Candi Prambanan Bisa Jadi Lokasi Pertunjukan Jazz Terbesar di Indonesia
info gambar utama

PRAMBANAN JAZZ - Kembali sekaligus di dua akhir pekan, Prambanan Jazz Festival menjadi konser skala internasional yang paling ditunggu-tunggu oleh penggemar musik Indonesia.

Deretan nama besar seperti Lukas Graham, Kahitna, Nadin Amizah, dan 69 musisi lainnya tercatat akan memeriahkan festival ini mulai pekan pertama, Jumat 7 Juli 2023 hingga Minggu 9 Juli 2023 dan pekan kedua, Jumat 14 Juli hingga Minggu 16 Juli 2023.

Dengan tema “Culture For the Future”, Prambanan Jazz Festival 2023 mengangkat konsep “The Magical Experience” di mana festival ini ingin memberikan pesan penting bagi audiens bahwa budaya adalah hal penting yang harus diwariskan bagi masa depan kehidupan manusia. Di era yang serba digital, karya seni memang dapat digarap oleh artificial intelligence atau AI, meskipun demikian kebudayaan membuat kita tetap berpegang erat pada akar identitas kita sebagai manusia.

Uniknya, Kawan berkesempatan menjadi saksi gelaran pentas dari musisi dalam negeri hingga mancanegara langsung di hadapan kemegahan arsitektur legendaris Lapangan Brahmana dan Wisnu Candi Prambanan. Selain pamornya sebagai wisata edukasi dan historis, situs bersejarah ini ternyata juga memegang predikat sebagai tempat konser turun-temurun bagi momentum Prambanan Jazz Festival.

“Prambanan Jazz Festival ke 9 memang dirancang sebagai event music tourism, sehingga perhelatan acara musik ini digelar dengan durasi lebih lama bahkan hingga di dua akhir pekan,” ungkap Anas Syahrul Alimi, Founder Prambanan Jazz Festival, seperti dilansir dari Tempo.

Tujuannya agar para penikmat musik tidak hanya sekadar nonton saja tetapi juga mampu menyempatkan diri untuk berwisata ke Yogyakarta dan sekitarnya karena mayoritas dari mereka berasal dari luar kota,” tambahnya lagi.

Prambanan Jazz 2023: Menyelami Gemuruh Musik Jazz di Landasan Budaya Kuno

Ikon Budaya dengan Keunikan Tersendiri

Candi Prambanan merupakan ikon kultural Indonesia yang memiliki keindahan dan keunikan tersendiri. Dengan latar belakang candi yang megah dan arsitektur yang menakjubkan, Kawan dapat menikmati pengalaman tidak biasa dalam menonton panggung spektakuler Prambanan Jazz Festival.

Gabungan antara keindahan alam, seni musik, dan warisan budaya menciptakan suasana yang istimewa untuk menikmati megahnya kelas sebuah konser musik berbalut lokasi warisan budaya.

Struktur bangunan candi yang besar dan kompleks memberikan ruang akustik yang luar biasa untuk konser. Suara musik yang dipancarkan mengisi ruang dengan sempurna dan menciptakan pengalaman mendalam bagi audiens. Akustik yang unik ini menjadi salah satu daya tarik utama bagi Prambanan Jazz Festival.

Tidak hanya itu, Candi Prambanan memiliki kapasitas yang cukup besar untuk menampung ribuan penonton dalam konser besar.

Area di sekitar candi juga menawarkan ruang terbuka yang luas yang dapat diatur untuk panggung dan penonton. Ruang berskala masif memungkinkan penyelenggara untuk menghadirkan festival musik dengan audiens besar dan menarik perhatian penonton dari dalam dan luar negeri.

Pasar Kangen Hadir di Prambanan Jazz Festival, Lestarikan Kuliner Tradisional

Pariwisata Berbalut Peluang Pengembangan Ekonomi Kreatif

Prambanan Jazz Festival juga berperan dalam mempromosikan kebudayaan Indonesia dan meningkatkan pariwisata ekonomi kreatif di sana. Festival ini menciptakan citra positif tentang Indonesia sebagai tujuan wisata yang kaya akan keindahan alam, warisan budaya, dan juga menawarkan hiburan musik berkualitas.

Dengan meneken Candi Prambanan sebagai lokasi utama, Prambanan Jazz Festival berpeluang dapat menarik minat lebih banyak penonton yang juga akan menikmati keindahan candi dan mengenal lebih dekat budaya Indonesia.

Meskipun demikian, pemilihan Candi Prambanan sebagai lokasi Prambanan Jazz Festival juga harus memperhatikan aspek konservasi dan pelestarian agar kesakralan candi tetap terjaga dan dapat dinikmati oleh generasi mendatang.


Sumber referensi:

https://seleb.tempo.co/amp/1745428/prambanan-jazz-festival-2023-digelar-selama-6-hari-mulai-hari-ini

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

CH
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini