Prambanan Jazz 2023: Menyelami Gemuruh Musik Jazz di Landasan Budaya Kuno

Prambanan Jazz 2023: Menyelami Gemuruh Musik Jazz di Landasan Budaya Kuno
info gambar utama

Prambanan Jazz Festival 2023 kembali digelar selama dua pekan di pelataran megahnya landasan budaya kuno Indonesia, Candi Prambanan. Ini menjadi perpaduan yang sangat ciamik antara manisnya alunan musik dari para musisi yang tampil di Prambanan Jazz Festival dengan indahnya Candi Prambanan yang menjadi latar belakang dari Panggung Prambanan Jazz Festival.

Pengunjung disuguhkan dengan megahnya Candi Prambanan sekaligus penampilan-penampilan yang memukau dari para musisi yang tampil.

Prambanan Jazz Festival tidak hanya sekedar menjadi perhelatan musik belaka. Festival ini sangat penting untuk bisa menjaga dan memperlihatkan warisan budaya Indonesia melalui seni dan musik.

Baca juga: Prambanan Jazz 2023 Kembali Digelar, Menghadirkan Musisi Internasional dan Konsep Baru

Kemegahan Candi Prambanan di Prambanan Jazz 2023

Nah, Candi Prambanan merupakan candi terbesar yang ada di Indonesia dan merupakan salah satu situs bersejarah peninggalan kerajaan Indonesia yang terletak di Jawa Tengah dan Candi Prambanan termasuk Situs Warisan Dunia yang ditetapkan UNESCO pada tahun 1991.

Kisah Candi Prambanan tidak lepas dari kisah cinta Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso. Roro Jonggrang memberi tantangan untuk Bandung Bondowoso jika ingin meminangnya, ia menginginkan 1.000 candi dalam waktu satu malam.

Di balik kisah cintanya Candi Prambanan memiliki arsitektur yang unik dan bisa memanjakan mata. Dengan luas kompleks candi mencapai 39, hektar. Dan pada halam utama terdapat tiga candi utama, dengan tinggi 47m.

kemegahan dari Candi Prambanan bisa membuat takjub siapa saja yang melihatnya. Dengan kemegahan arsitekturnya, kita disadarkan akan kebesaran peradaban masa lalu serta pentingnya menjaga dan menghargai warisan budaya. Candi Prambanan menjadi saksi bisu sejarah dan keindahan seni yang abadi.

Gemuruh Musik Jazz di Landasan Budaya Kuno

Panggung dengan latar belakang Candi Prambanan membuat siapa saja takjub dan penampilan dari para musisi menjadi semakin spektakuler.

Musisi internasional membuka kemeriahan dari rangkaian acara Prambanan Jazz Festival 2023. Penampilan dari Gipsy Kings by Andre Reyes, Gemini serta Lucky Chops, lalu disusul oleh musisi nasional antara lain Tulus, Kahitna, Nadin Amizah, Pusakata, Bilal Indrajaya, serta Treeshome. Sukses membuat menghipnotis penonton dengan penampilan yang memukau.

Tropico Rasta dan Ardhito Pramono menjadi pembuka di hari kedua Prambanan Jazz 2023. Dan dilanjut Maliq & D'Essentials di sore harinya yang menyuguhkan lagu-lagu terbaiknya. Hujan rintik tidak menjadikan antusiasme penonton berkurang, para penonton tetap bernyanyi bersama dan menikmati acara dengan balutan jas hujan.

Dewa 19, Kla Project, dam Kahitna yang tampil di hari ke-3 Prambanan Jazz Festival 2023, sukses menghidupkan kenangan para penonton. Tiga band lawas ini tidak mengenal batasan usia penampilan mereka sukses membawa para penonton bernyanyi bersama dengan lagu-lagu hits mereka.

Prambanan Jazz Festival 2023 juga sukses membawa para penonton bergoyang dengan penampilan spektakuler dari Denny Caknan, di mana ini kali pertama ia tampil di Prambanan Jazz.

Denny Caknan membuat para penonton bergoyang dengan lagu-lagu hitsnya, selain lagunya sendiri Denny Caknan juga membawakan lagu dari Alm. Didi Kempot yang berjudul "Pamer Bojo" yang sukses membuat para penonton ambyar bareng.

Penampilan dari Denny Caknan pun sukses menutup Prambanan Jazz 2023 minggu pertama dengan spektakuler.

Keseruan dan kemeriahan gemuruh musik jazz tidak akan padam begitu saja masih ada minggu kedua yang tentunya tidak kalah seru dari minggu pertama. Masih banyak musisi terkenal yang akan tampil di pekan kedua nanti.

Baca juga: Musikalitas Berkolaborasi: Prambanan Jazz 2023 sebagai Paduan Harmoni Multibudaya

Berikut line-up Prambanan Jazz Festival Minggu ke-2:

  • Hari 1 (14 Juli 2023): Lukas Graham, Vertical Horizon, Tulus. Andien, Candra Darusman feat Adikara Fardi & Aimee Saras, TBA feat UN1TY, D'Masive Jazz Project, dan White Shoes the Couples Company.
  • Hari 2 (15 Juli 2023): Bond, Fouzia, Conor Maynard, Tulus, Maliq & D'Essentials, Krakatau x Barry Likumahuwa, Ahmad Dhani Electrical Band, Yovie & Nuno, dan Shaggydog.
  • Hari 3 (16 Juli 2023):Eric Benet, Tunde (Voice of Lighthouse Family), Dewa 19 feat Ari Lasso & Virzha, Humania Revival The 30th Anniversary, padi Reborn, The Groove feat Tiara Effendy, Pamungkas, THE GENTLEMEN (Fariz RM, Deddy Dhukun, Mus Mujiono, Tony Wenas) feat. Profesor Adi Utari, dan Gangga.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

RH
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini