Musikalitas Berkolaborasi: Prambanan Jazz 2023 sebagai Paduan Harmoni Multibudaya

Musikalitas Berkolaborasi: Prambanan Jazz 2023 sebagai Paduan Harmoni Multibudaya
info gambar utama

Prambanan Jazz 2023. Perhelatan musik tahunan berskala internasional yang digelar di pelataran Candi Prambanan. 2015 menjadi tahun pertama festival musik ini digelar, dengan membawa tema eksotisme Candi Prambanan. Pada perhelatan kali ini Prambanan Jazz Festival membawa tema “Culture for the Future”, dengan penyajian konsep “The Magical Experience”.

mengutip dari Tirto.id. Penentuan tema ini datang dari satu pemahaman penting, bahwa budaya adalah suatu hal yang penting untuk masa depan. Masa dimana pegiat seni bertarung dengan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI), kebudayaan ini bisa membuat kita berpegang erat pada hakikat kita sebagai manusia.

Sedangkan konsep “The Magical Experience” dimaksudkan adalah pengalaman budaya musik imajinatif dan memberi pengalam yang tidak bisa dilupakan dan memberi kesan magis serta menakjubkan bagi semua orang yang terlibat di dalamnya.

Prambanan Jazz Festival kali ini tidak hanya sekedar menawarkan hiburan musik semata. Perhelatan kali ini menghadirkan kolaborasi antara musisi ternama dunia, sebut saja Gipsy Kings dan Lucky Chop, selain itu ada juga beberapa musisi dunia yang siap mewarnai panggung Prambanan Jazz Festival.

Selain musisi internasional, Prambanan Jazz Festival juga menghadirkan musisi jazz terbaik Indonesia. Mereka siap memberi pertunjukan magis bagi para penonton dengan alunan musik yang khas dari masing-masing musisi. Para musisi jazz Indonesia akan memeriahkan panggung dengan nuansa musik lokal yang khas dan unik. Tidak hanya menghibur, penampilan mereka juga menjadi bentuk apresiasi keragaman dan kekayaan musik jazz di Indonesia.

Tidak hanya menghadirkan musik jazz dalam bentuk konvensional, Prambanan Jazz Festival turut melibatkan unsur-unsur budaya lainnya yang ada di Indonesia. Melalui Kolaborasi yang sangat ciamik, festival ini berhasil menciptakan sebuah dialog musikal yang memperkaya pengalam pendengar dan menggugah rasa penasaran mereka terhadap keanekaragaman budaya musik.

Pada minggu pertama saja Prambanan Jazz Festival sudah berhasil menyihir para penonton dengan beragam penampilan para musisi dengan mantranya masing-masing untuk membawa penonton menikmati alunan musik yang mereka bawa. Para musisi yang tampil di minggu pertama sukses menciptakan atmosfer yang mengagumkan dan penuh kejutan bagi para penikmat musik.

Nonton Konser Coldplay, Vaksin Booster COVID-19 Dulu Mumpung Gratis!

Menggali Esensi Kolaborasi Budaya dalam Musik Jazz

Hal terpenting terciptanya musikalitas berkolaborasi terdapat pada kemampuannya untuk memperkaya pengalam music bagi musisi maupun pendengarnya. Ada beberapa alasan mengapa musikalitas berkolaborasi ini penting dalam memperkaya pengalaman musik

Penggalian emosi yang lebih dalam. Para musisi yang tampil memungkinkan untuk berbagi emosi dan ekspresi melalui musik dengan cara yang lebih mendalam. Mereka bisa saling merangsang dan menantang satu sama lain untuk menciptakan momen penuh emosional yang kuat dan autentik. Sehingga bisa menghasilkan pengalam musik yang lebih mendalam dan berdampak bagi pendengarnya.

Penciptaan jembatan budaya. Dengan adanya kolaborasi musikal yang melibatkan musisi dari berbagai budaya baik itu musisi nasional maupun internasional, bisa memberi kesempatan untuk menciptakan jembatan budaya yang saling berhubungan dan memperkaya pengalam musik. Musisi bisa saling belajar tentang tradisi musik satu sama lain, dan menggabungkan unsur-unsur budaya yang berbeda dalam karya musik mereka. Hal ini pun menghasilkan kesempatan untuk bisa merayakan keanekaragaman budaya dan menciptakan harmoni multibudaya melalui musik.

Apa yang Menarik di Prambanan Jazz Festival 2023?

Selain penampilan yang memukau dari beberapa musisi yang tampil di minggu pertama Prambanan Jazz Festival 2023, pengunjung juga bisa bernostalgia dengan Pasar Kangen yang menghadirkan aneka makanan tradisional dan kuliner populer juga.

Prambanan Jazz Festival kali ini tidak hanya menghadirkan musik jazz yang menyihir, Prambanan Jazz Festival juga memberi pengalaman untuk pengunjung dalam mengenal lebih dekat seni dan budaya lokal yang terkait dengan Candi Prambanan.

Festival ini menjadi wadah untuk mempersembahkan kekayaan budaya lokal dan sejarah yang mengelilingi kawasan Candi Prambanan. Di sekitar kawasan Candi Prambanan, Kawan akan menemukan berbagai jenis karya seni dan bisa menjelajahi stan-stan yang menjual karya seni yang indah dari para seniman lokal.

Kisah Callista Aldenia, Remaja Asal Bandung Perancang Baju Tur Konser Billie Eilish

Tidak hanya itu saja, Prambanan Jazz Festival 2023 juga menyelenggarakan kompetisi khusus bernama "I'am Jazz a Kids Competition" untuk anak-anak bangsa berbakat yang ingin menunjukan kemampuan bermusik mereka di atas panggung. Kompetisi ini diharapkan bisa mendorong anak-anak untuk bisa mencari passion mereka di bidang musik.

Banyak aktivitas seru dan edukatif yang bisa kawan lakukan di Prambanan Jazz Festival kali ini, kalau kawan ingin melihat keindahan karya seni kolaboratif kawan bisa datang ke area CMYK Club, yang menampilkan karya seni visual yang menakjubkan dari seniman lokal dan internasional.

Bagi para pecinta kuliner juga, ada surga kuliner di Culinary Area. Di sini, Kawan bisa menemukan berbagai jenis makanan dari berbagai daerah yang bisa menggugah selera.

Untuk para pengunjung yang sudah mempunyai anak juga jangan takut untuk membawa mereka ke Prambanan Jazz Festival kali ini, karena festival kali ini memiliki area khusus yang didedikasikan untuk anak-anak. Di area ini anak anak bisa memainkan permainan interaktif, pertunjukan anak-anak, dan berbagai kegiatan kreatif untuk bisa memperkaya pengalaman festival bagi mereka

Wujud Nyata Musik Tidak Mengenal Batasan Budaya

Prambanan Jazz 2023 menjadi bukti nyata musik tidak mengenal batasan budaya. Festival ini berhasil mengesampingkan perbedaan dan mampu untuk menyatukan orang-orang dari berbagai latar belakang.

Menyediakan ruang bagi semua orang untuk merayakan musikalitas bersama, Dengan suasana yang penuh semangat dan harmoni, Prambanan Jazz Festival mengajak penontonnya untuk bisa merasakan keindahan dan kekuatan yang terpancar dari kolaborasi musik multibudaya.

Prambanan Jazz Festival kali ini tidak hanya menjadi ajang hiburan musik semata, tetapi menjadi bentuk nyata dari perwujudan keberagaman, dan pemersatu budaya. Festival ini memberi kesempatan untuk para penikmat musik agar bisa merasakan keindahan dari harmoni musik, serta menginspirasi para penonton untuk terus menjaga dan merayakan keanekaragaman musik.

Konser Musik yang Ramah Lingkungan, Memangnya ada?

Referensi:

https://tirto.id/prambanan-jazz-2023-usung-konsep-baru-hadirkan-puluhan-musisi-gMHv

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

RH
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini