Prambanan Jazz 2023 Kembali Digelar, Menghadirkan Musisi Internasional dan Konsep Baru

Prambanan Jazz 2023 Kembali Digelar, Menghadirkan Musisi Internasional dan Konsep Baru
info gambar utama

Prambanan Jazz Festival, salah satu festival musik jazz akbar di tanah air sudah mulai digelar. Pada pelaksaannya yang ke-9 ini, PJF 2023 akan dilaksanakan selama dua pekan, yaitu pada 7-9 Juli dan 14-16 Juli 2023 yang berlokasi di lapangan Brahma dan Wisnu, Candi Prambanan Yogyakarta.

Dengan Rajawali Indonesia sebagai promotor, acara ini sudah dipersiapkan secara matang dari penghujung 2022 silam. Terkait dengan temanya, di tahun ini PJF mengusung tajuk “The Magical Experience”. Yang mana, pemilihan konsep ini didasarkan dari unsur budaya yang jadi aspek penting bagi masa depan.

Apalagi saat ini teknologi sudah semakin maju, misalnya saja dengan adanya kecerdasan buatan yang sudah bisa menciptakan karya seni. Dengan budaya, setidaknya kita tetap memiliki nilai yang dapat dianut sebagai manusia.

Pada hari pertama pelaksanaannya, PJF 2023 berhasil memukau ribuan penonton terpukau. Bahkan, tidak hanya pentonton lokal saja, tetapi juga tidak sedikit penonton dari mancanegara yang turut hadir menyaksikan musisi-musisi jazz favorit mereka.

7 Festival Musik Jazz di Indonesia, Mau Nonton yang Mana?

Konsep segar dan artis internasional

Setelah sempat tidak mengundang musisi internasional karena adanya pandemi beberapa tahun silam, PJF tahun ini akan menghadirkan musisi-musisi internasional dari berbagai negara.

Di antaranya Scot Bradlee’s Postmodern Jukebox, Lukas Graham, Eric Benet, Faouzia, Gispykings by. Andre Reyes, Vertical Horizon, Bond, Conor Maynard, Tunde (Voice of Lighthouse family), Seafret, Lucky Chops dan Gemini.

“Ya rencana awal sih ada 9 Internasional artis, dan 60 Artis Indonesia, supaya kalau dijumlah bisa seperti angka cantik 69 (enam puluh sembilan) seksi lah angkanya. Tapi ternyata lebih dari perkiraan, ada 12 Internasional artis yang kita hadirkan untuk PJF Lovers tahun ini.” ujar Anas Alimi selaku Founder Rajawali Indonesia & Founder Prambana Jazz Festival.

Ia juga mengatakan PJF tahun ini memberikan konsep segar yang menyesuaikan minat dari audiens serta tata letak panggung yang berbeda.

Musisi berbakat dari Indonesia timur jebolan "Baku Nada" juga turut hadir dalam PJF 2023 ini. Mereka adalah Treeshome (@treeshome.music) asal Maluku Utara, Tropico Rasta (@tropico_rasta) asal Papua, Tardigrada (@tardigradaofficial) asal Sulawesi Tengah.

Ada pula penampil dariprogram I'm Jazz a Kids submission, audisi pencarian musisi cilik Prambanan Jazz Festival yang berusia dari 7 hingga 15 dari kategori berbagai kategori.

“Dengan banyaknya artis yang dihadirkan, ini menjadi fokus tim untuk menyiapkan secara bersama-sama dalam waktu yang berdekatan. Namun, sejauh ini kebutuhan Artis Internasional maupun Indonesia dapat kami penuhi,” ujar Tovic Raharja selaku CEO Rajawali Indonesia.

Selain penampilan berbagai musisi, Pasar Kangen Prambanan Jazz turut hadir dengan konsep kuliner tradisional khas Jogja yang akan memanjakan seluruh penonton yang hadir.

Kaya Akan Budaya, 12 Tari Tradisional dari Berbagai Daerah di Indonesia

Memukau ribuan penonton

Beberapa musisi internasional yang membuka rangkaian acara PJF 2023 kemarin (7 Juli 2023 ) adalah Gipsy Kings by Andre Reys, Gemini serta Lucky Chops. Sementara untuk musisi lokalnya sendiri antara lain Tulus, Kahitna, Nadin Amizah, Pusakata, Bilal Indrajaya, serta Treeshome.

Sementara untuk hari ini, ada Scott Bradlee's Posmodern Jukebox sebagai musisi interasional dan Kahitna, Reza Artamevia, Maliq & D'essentials, Hivi!, Ardhito Pramono, Arsy Widianto feat. Tiara Andini, serta Tropico Rasta untuk musisi lokalnya.

“Antusiasme penonton yang tinggi membuat kami, Bank Jateng hadir untuk memberikan kemudahan pada nasabah dengan program SAVE DUIT dan diskon 50% untuk nasabah Bank Jateng,” Irianto selaku Direktur Bisnis Dana Jasa dan UMKM Bank Jateng yang mewakili Supriatno selaku Direktur Utama Bank Jateng.

Mewakili musisi Tanah Air, Bilal Indrajaya yang merupakan performer PJF ke-9 hari pertama, menyampaikan antusiasnya untuk bisa tampil di PJF tahun ini.

“Suatu kehormatan bagi saya bisa tampil di Prambanan Jazz Festival yang merupakan salah satu event musik terbesar di Indonesia,” ujar Bilal

Begitu pula Gipsy Kings by. Andre Reyes menyampaikan kegembiraan mereka tiba di Yogyakarta untuk tampil pertama kalinya di Prambanan Jazz Festival 2023. Ia juga terkesan dengan keramahan orang-orang Indonesia.

Majalah Aktuil, Media Musik Legendaris Indonesia yang Prestisius di Masanya

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini