BI Keliling RI Sebar Uang Ratusan Miliar, Target 90 Wilayah 3T

BI Keliling RI Sebar Uang Ratusan Miliar, Target 90 Wilayah 3T
info gambar utama

Bank Indonesia (BI) bersama TNI Angkatan Laut (AL) akan keliling Indonesia untuk menyebarkan uang layak edar senilai ratusan miliar Rupiah. Misi ini bertajuk Ekspedisi Rupiah Berdaulat (ERB) 2024.

Kegiatan tersebut akan dilakukan di 18 provinsi dengan target jangkauan 90 pulau di wilayah Terdepan, Terluar, dan Terpencil (3T).

”Bank Indonesia akan senantiasa memastikan ketersediaan uang Rupiah yang berkualitas dan layak edar guna menjaga kelancaran aktivitas perekonomian dan mendukung momentum pemulihan ekonomi nasional,” kata Deputi Gubernur BI, Doni Primanto Joewono, saat peluncuran ERB 2024, Jumat (23/2/2024).

3 Macam Uang Rupiah Tidak Berlaku Mulai Hari Ini, Tukarkan Sekarang!

Ekspedisi pertama telah dimulai. Para petugas membawa uang Rupiah layak edar senilai Rp8 Miliar untuk disebarkan ke Pulau Sebatik dan Bunyu di Kalimantan Utara, lalu Derawan, Maratua, serta Talisayan, di Kalimantan Timur. Perjalanan ini berlangsung mulai 23 s.d. 29 Februari mendatang.

Tim ERB 2024 berangkat dengan KRI dr. Soeharso-990, dari Lantamal XIII, Kota Tarakan, Kalimantan Utara pada Jumat. Kapal bantu rumah sakit itu membawa 30 orang dari Departemen Komunikasi BI, Tim Medis TNI AL, wartawan media nasional, petugas Kantor Perwakilan BI beberapa provinsi, serta perwakilan Baznas. Pelepasan perdana ERB 2024 telah dilaksanakan melalui peresmian Tugu Rupiah Berdaulat di Pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan, Sabtu (24/2/2024).

Kegiatan ERB 2024 terdiri dari: penukaran uang layak edar, sosialisasi Cinta, Bangga, Paham (CBP) Rupiah, penyaluran Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) regular atau berupa sembako, pendistribsuian Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) dari Baznas kepada masyarakat, serta layanan kesehatan untuk masyarakat dari Tim Medis Lantamal XIII.

Jadi Uang Terbaik di Dunia, Rupiah Mustahil Bisa Dipalsukan

ERB 2024 berbeda daripada ekspedisi tahun-tahun sebelumnya. Jumlah pulau tujuan lebih banyak dan total uang penukaran pun meningkat. Selain itu, terdapat layanan kesehatan bersama tim medis TNI AL, penyaluran program dedikasi untuk negeri BI, serta kolaborasi dengan Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) dalam penyaluran ZIS.

Sejak 2012, BI bekerja sama dengan TNI AL untuk mendukung pendistribusian, pengamanan, dan pengawalan uang Rupiah, di wilayah 3T. Salah satu tantangan misi ini, yaitu kondisi geografis Indonesia yang memiliki ribuan pulau, berbatasan dengan 11 negara tetangga, serta infrastruktur terbatas terutama di wilayah 3T.

Dari 2012—2023, BI dan TNI AL telah menggelar 110 kegiatan penukaran kas keliling di 3T dengan jangkauan 565 pulau. Khusus pada 2023, ERB sukes dilaksanakan di 17 provinsi dengan jangkauan 85 pulau 3T dan nilai penukaran uang Rupiah sebesar Rp131,5 miliar.

”Kerja sama ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam upaya memelihara keutuhan dan kedaulatan NKRI, baik dari sisi pertahanan dan militer, maupun kedaulatan ekonomi,” tutup Doni.

Mengapa Gambar Pahlawan Selalu Ada di Mata Uang Rupiah?

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini