TNI Gagalkan Aksi Perompak Masuk Kapal African Halycon di Selat Malaka

TNI Gagalkan Aksi Perompak Masuk Kapal African Halycon di Selat Malaka
info gambar utama

Pangkalan TNI AL (Lanal) Dumai berhasil menggagalkan aksi pencurian di atas kapal motor atau MV African Halcyon berbendera Bahamas di Perairan Dumai, Selat Malaka, Kamis (29/2/2024). Kejadian ini bermula saat anak buah kapal (ABK) melihat empat orang perompak menaiki kapal dari buritan.

Mendengar bunyi alarm bahaya, pasukan First Fleet Quick Respon (F1QR) langsung bergerak ke lokasi titik lego jangkar dengan mengendarai kapal Sea Rider 85 untuk menggagalkan upaya pencurian. Namun, sebelum petugas sampai di lokasi, para pelaku kabur dengan cara melompat ke laut, lalu melarikan diri menggunakan speed boat.

TNI Bawa Kapal Korvet dan Heli Panther Latihan bareng 47 Negara di India

Dinas Penerangan TNI AL menyatakan, para perompak diduga melakukan percobaan pencurian MV African Halcyon di perairan Selat Malaka dan Selat Singapura dengan memanfaatkan situasi kapal yang sedang lego jangkar. Selain itu, mereka nekat melancarkan aksi karena kurang pangawasan dari ABK.

Tak lama setelah kejadian itu, TNI AL langsung menggelar investigasi penyelidikan sekaligus pengamanan di lokasi lego jangkar MV African Halcyon. Hal ini dilakukan untuk mengungkap dan menangkap para pelaku, sekaligus mengantisipasi berbagai kemungkinan, termasuk keterlibatan orang dalam pada peristiwa tersebut.

Pada kesempatan terpisah, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali mengimbau seluruh jajaran TNI AL untuk melindungi perairan laut nusantara dari semua ancaman dan terus meningkatkan kesiapsiagaan.

TNI Terjunkan Kapal Perang-Patroli Kirim Logistik Pemilu ke Daerah Terpencil

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini