Truk Listrik Pertama dari Mitsubishi akan Segera Dijual Tahun Ini, Tertarik Beli?

Truk Listrik Pertama dari Mitsubishi akan Segera Dijual Tahun Ini, Tertarik Beli?
info gambar utama

Setelah motor listrik dan mobil listrik merakyat, truk listrik juga rencananya akan segera rilis di Indonesia pada pertengahan 2024 nanti. Truk tersebut hadir di Indonesia setelah melihat motor dan mobil listrik yang berhasil merebut pangsa pasar masyarakat.

Truk Mitsubishi Fuso eCanter akan menjadi pionir truk listrik pertama di Indonesia. Nantinya truk Mitsubishi Fuso ini akan dipamerkan sekaligus diluncurkan di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 pada 18-28 Juli 2024.

Sebelumnya, Mitsubishi Fuso listrik eCanter telah mejeng di Pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) sejak 2022 lalu di Tangerang, Banten. Generasi terbaru dari Mitsubishi Fuso eCanter juga dikenalkan dalam pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Agustus 2023 lalu.

“Produk eCanter akan kami luncurkan tahun ini. Produk ini merupakan truk listrik yang mendukung pemerintah untuk menjaga keberlangsungan hidup,” jelas Presiden Direktur PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) Daisuke Okamoto saat pembukaan booth Mitsubishi Fuso di JCC, Kamis (7/3/2024), dikutip dari Bisnis.com.

Terinspirasi dari Awan, Ini Keunggulan Cloud EV dari Dua Mobil Listrik Wuling

Uji Coba Truk Listrik Mitsubishi Fuso

Sebelum peluncuran truk listrik pertama di Indonesia ini, KTB telah melakukan uji coba atau proof of concept (PoC) dengan melibatkan berbagai perusahaan sejak September 2022. Beberapa perusahaan yang telah mencoba eCanter, berdasarkan penuturan Aji Jaya selaku Wakil Direktur Penjualan dan Pemasaran PT KTB, di antaranya DHL, Nestle, B-Log, Pos Indonesia, hingga GoTo.

“eCanter mendapatkan respon positif dari perusahaan-perusahaan yang melakukan pengujian. Sebagian dari mereka berminat melakukan pembelian unit,” ujar Aji.

Dari hasil uji coba tersebut, Aji mengatakan bahwa pihaknya mendapat berbagai masukan, misalnya terkait kapasitas baterai agar dapat menunjang operasional jarak tempuh yang lebih jauh.

“Tentu soal baterai ini akan menjadi masukan berarti bagi kami,” tegasnya.

Genjot Investasi Mobil Listrik, RI Guyur Sejumlah Insentif untuk Produsen

Keunggulan Truk Listrik Mitsubishi Fuso e-Canter

Sama seperti kendaraan berbasis listrik lainnya, truk listrik ini nantinya dinilai akan lebih ramah lingkungan karena bebas emisi. Mitsubishi Fuso eCanter memiliki daya jelajah yang cukup jauh dengan akselerasi yang bertenaga dan mudah dioperasikan sehingga mumpuni untuk mendukung sektor logistik di area perkotaan maupun distribusi lokal.

Fuso eCanter menggunakan baterai model modular yang dapat dipasang hingga tiga perangkat. Setiap satu baterai memiliki kapasitas 41 kWh yang dapat menempuh jarak hingga 80 kilometer. Sementara itu, jika ketiganya dipasang bersamaan, kendaraan mampu melaju mencapai jarak 200 kilometer.

Tiga varian baterai yang dimiliki Mitsubishi Fuso eCanter, di antaranya

- Tipe S dengan kapasitas baterai 41 kWh, dengan jarak tempuh 70-100 km.

- Tipe M dengan kapasitas baterai 81 kWh, dengan jarak tempuh 120-150 km.

- Tipe L dengan kapasitas baterai 124 kWh, dengan jarak tempuh 170-200 km.

Truk listrik tersebut nantinya juga lebih ramah suara mengingat suara yang dikeluarkan tidak terlalu bising serta dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan. Fitur-fitur tersebut ialah Active Sideguard Assist, Active Brake Assist, Active Attention Assist, Intelligent Headlight Control, Electric Parking Brake, dan kamera mundur.

Menurut Aji, truk listrik dapat lebih efisien dalam hal perawatan. "Misalnya saja soal perawatan, kalau truk ICE perawatan di setiap 10 ribu km. Dengan eCanter bisa setiap 40 ribu km. Truk listrik juga tidak perlu mengganti oli mesin," jelasnya, dikutip dari Gooto.

Bersejarah! Mobil Terlaris di Dunia Tahun 2023 adalah Mobil Listrik dan Signifikasinya

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Aslamatur Rizqiyah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Aslamatur Rizqiyah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini