Berburu Takjil dan Pernak-pernik Khas Ramadan di Djakarta Ramadan Fair 2024

Berburu Takjil dan Pernak-pernik Khas Ramadan di Djakarta Ramadan Fair 2024
info gambar utama

Djakarta Ramadan Fair 2024 menjadi magnet bagi masyarakat yang ingin menikmati kelezatan kuliner khas bulan suci Ramadan. Festival kuliner ini diadakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Forum Pemuda Betawi pada 15 hingga 20 Maret 2024.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga uno mengapresiasi penyelenggaraan Djakarta Ramadan Fair. Menurutnya, acara ini akan memberi masyarakat motivasi dan inspirasi untuk mencintai budaya serta pariwisata Nusantara.

Festival kuliner Ramadan

Djakarta Ramadan Fair 2024 menghadirkan festival kuliner Ramadan sebagai sajian utama. Para pengunjung akan dimanjakan dengan hidangan khas bulan suci ini, mulai dari hidangan berbuka puasa tradisional hingga hidangan penutup yang lezat.

Adapun kudapan yang bisa ditemukan di Djakarta Ramadan Fair, antara lain ketupat, opor ayam, kolak, hingga aneka kue tradisional. Pengunjung juga dapat menjelajahi makanan khas dari berbagai daerah di Indonesia yang terinspirasi oleh tradisi Ramadan.

Baca juga Berburu Takjil? Ini Daftar kampung Ramadan di Berbagai Wilayah Indonesia

Bazaar produk Ramadan

Djakarta Ramadan Fair

Selain festival kuliner, Djakarta Ramadan Fair juga menawarkan bazaar Ramadan yang menghadirkan berbagai produk bernuansa Ramadan. Misalnya, pakaian muslim, kerajinan tangan, hiasan rumah, perhiasan, dan pernak-pernik lainnya.

Djakarta Ramadan Fair juga menyuguhkan berbagai hiburan dan kegiatan menarik. Mulai dari musik tradisional, pentas seni, hingga acara panggung yang menciptakan atmosfer yang meriah. Ada pula doorprize, kelas memasak, dan kegiatan sosial yang melibatkan komunitas.

Mendukung pergerakan wisatawan

Menparekraf Sandiaga menilai Djakarta Ramadan Fair dapat mendukung pergerakan wisatawan Nusantara pada momen libur Lebaran yang kali ini berpotensi mencapai 71,7 persen dari jumlah penduduk Indonesia, atau sebesar 193,6 juta jiwa.

Sementara itu, Ketua Umum Forum Pemuda Betawi, Geraldi Alda Bangsawan mengungkapkan bahwa acara tersebut digelar untuk memeriahkan bulan suci Ramadan sekaligus menjadi ajang silaturahmi masyarakat Jakarta.

“Djakarta Ramadan Fair diharapkan dapat menyentuh langsung masyarakat. Karena itu, lokasi yang dipilih adalah di Lapangan Banteng yang terletak di Jakarta Pusat, untuk memberikan akses yang mudah bagi pengunjung dari berbagai wilayah di Jakarta,” ujarnya.

Baca juga Tradisi Misalin di Ciamis, Ketika Anak-anak Keramasan Jelang Bulan Ramadan

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini