4 Kembaran Jersey Baru Timnas Indonesia: Dari Liverpool hingga Tim Negara Tetangga

4 Kembaran Jersey Baru Timnas Indonesia: Dari Liverpool hingga Tim Negara Tetangga
info gambar utama

Ada hal menarik dari jersey baru Timnas Indonesia, yakni adanya "kembaran" jersey tersebut di sejumlah negara.

Jersey baru Timnas Indonesia baru saja diluncurkan pada Senin (18/3/2024). Dalam acara peluncuran. Ditunjukkan seluruh jersey baru Timnas Indonesia, baik itu jersey kandang dan tandang, juga yang dipakai field player maupun kiper.

Jersey baru Timnas Indonesia diproduksi oleh Erspo, jenama pakaian olahraga yang bernaung di bawah Erigo. Ini adalah pertama kalinya jenama tersebut menjadi penyedia jersey bagi pasukan Garuda.

Warna utama jersey masih tetap tidak berubah seperti sebelum-sebelumnya, yakni merah untuk kandang dan putih untuk kandang. Dari segi desain, Erspo menampilkan jersey yang tergolong simpel.

Ternyata, jersey baru Timnas Indonesia ini punya "kembaran" di berbagai negara karena desain yang mirip. Inilah deretan kembaran yang dimaksud:

1. Liverpool

Bagi para penggemar sepak bola, tentu tidak asing dengan Liverpool FC. Klub asal Inggris ini punya kostum yang mirip dengan Timnas Indonesia.

Pada musim 2023-2024, Liverpool menggunakan jersey kandang warna merah dengan desain bagian kerah yang melingkar. Kerah berwarna putih tersebut membuat jersey Liverpool mirip dengan Timnas Indonesia.

Demikian pula bagian lengannya yang dihiasi strip warna putih. Namun, bagian kerah dan lengan Liverpool hanya berupa warna putih polos, tanpa ada garis merah lagi seperti milik Timnas Indonesia.

2. Polandia

Dibandingkan Liverpool, Polandia punya jersey yang lebih mirip dengan Timnas Indonesia. Ini dikarenakan adanya garis merah pada kerah dan bagian bawah lengannya yang berwarna putih.

Kendati demikian, tetap ada perbedaan pada bagian kerah dan bawah lengan jersey kandang Polandia yang dipakai di Kualifikasi Piala Eropa 2024 tersebut. Jika jersey Timnas Indonesia punya garis merah di bagian atas dan bawah, jersey Polandia meletakkan garisnya di bagian tengah.

3. Denmark

Jika dilihat sekilas, jersey kandang Denmark di Piala Eropa mirip dengan Polandia, di mana bagian kerah dan bawah lengannya berhiaskan garis merah di tengahnya.

Namun jika dilihat lebih detil, ada satu hal yang menjadi kemiripan antara jersey Denmark dengan Timnas Indonesia, namun tidak ada di jersey Polandia, yakni motif. Seperti Timnas Indonesia, jersey Denmark punya motif watermark di hampir seluruh bagiannya.

4. Singapura

Bukan cuma tim dari Eropa yang jersey-nya jadi kembaran Timnas Indonesia, namun juga tim negara tetangga, tepatnya Singapura.

Bagian kerah jersey yang digunakan Singapura sejak 2022 ini sangat mirip dengan Timnas Indonesia, sedangkan bagian lengannya yang bagian bawahnya sama-sama berwarna putih tampak sedikit berbeda, karena Singapura tidak memiliki garis merah.

Jersey Singapura juga benar-benar polos tanpa ada motif watermark seperti milik Timnas Indonesia.

Maarten Paes, Sang Penakluk Lionel Messi yang Siap Membela Timnas Indonesia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini