Mengenang Laga Timnas Indonesia Vs Vietnam Pertama dalam Sejarah

Mengenang Laga Timnas Indonesia Vs Vietnam Pertama dalam Sejarah
info gambar utama

Timnas Indonesia versus Vietnam selalu menarik untuk disaksikan. Kedua tim telah bertarung di lapangan hijau sejak berdekade-dekade silam.

Kini, laga Timnas Indonesia versus Vietnam akan tersaji di Stadion Gelora Bung Karno pada Kamis (20/3/2024). Kedua tim berduel dalam ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Timnas Indonesia dan Vietnam dikenal sebagai rival berat di Asia Tenggara. Tak heran apabila pertandingan malam nanti banyak disorot para penggemar sepak bola Tanah Air.

Bukan kali ini pula Timnas Indonesia dan Vietnam saling berhadapan. Sejarah mencatat bahwa laga antara kedua tim yang pertama dalam sejarah terjadi pada tahun 1957.

Keputusan Tak Terduga: 3 Pemain Timnas yang Dihapus STY dalam Laga Melawan Vietnam

Pertandingan Timnas Indonesia Vs Vietnam Pertama

Pertandingan yang dimaksud digelar dalan ajang Merdeka Tournament di Kuala Lumpur pada 5 September 1957. Namun, perlu ditekankan bahwa Vietnam yang dulu tak sama dengan yang sekarang, karena saat itu Vietnam masih terpecah menjadi Vietnam Utara dan Selatan.

Seperti diketahui, Vietnam terpecah jadi dua menyusul Perang Prancis-Vietnam yang berakhir dengan Perjanjian Jenewa pada 1954. Dalam perjanjian tersebut, disepakati bahwa Vietnam dibagi menjadi bagian utara yang dipimpin oleh Ho Chi Minh dan bagian selatan yang dipimpin Ngo Dinh Diem. Adapun negara yang dihadapi Timnas Indonesia pada 1957 sendiri adalah Vietnam Selatan.

Saat itu, turnamen digelar dengan format yang lumayan unik, yakni awalnya 10 tim diadu di fase gugur, lalu lima tim yang menang dikumpulkan dalam satu grup di mana semuanya akan saling berhadapan dan tim dengan poin paling tinggi akan menjadi juara.

Indonesia menang 4-0 atas Thailand di fase gugur, sementara Vietnam Selatan imbang 5-5 dengan Singapura, lalu menang 2-1 dalam laga ulangan. Keduanya masuk grup bersama Hong Kong Selection dan Malaya (kini Malaysia).

Awalnya, Indonesia kalah 1-2 dari Hong Kong Selection dan Vietnam Selatan menang 4-1 atas Malaya. Saat Indonesia dan Vietnam Selatan bertemu, tim Garuda berhasil menang dengan skor 3-1.

Indonesia bermain ciamik di hadapan Vietnam Selatan. Baru 10 menit pertandingan berjalan, Indonesia membuka keunggulan 1-0 lewat gol Tee San Liong.

Gol itu bermula dari operan Omo Suratmo menggunakan kepala. San Liong yang menerima bola mampu menceploskannya ke gawang Vietnam Selatan.

Tujuh menit berselang, giliran Ono yang mencetak gol sekaligus membuat Indonesia unggul 2-0. Gol bermula dari aksi Saari yang melewati dua bek Vietnam Selatan, lalu mengoper bola kepada Omo hingga dituntaskan menjadi gol.

Memasuki babak kedua, gelontoran gol Indonesia berlanjut. Pada menit ke-58, tembakan Saari dari jarak 13 meter mengoyak gawang Vietnam Selatan. Indonesia unggul 3-0.

Vietnam Selatan sempat mencetak gol balasan pada menit ke-78. Pertandingan ditutup dengan kemenangan 3-1 bagi Indonesia.

The Straits Times memuji permainan Indonesia. Surat kabar terbitan Singapura itu menyebut Indonesia bermain dengan performa terbaiknya.

"Indonesia, bermain dengan performa terbaiknya malam ini, memastikan kemenangan cemerlang saat mereka mencetak dua gol setelah 17 menit dan memperbesar keunggulannya pada menit ke-58," tulis The Straits Times terbitan 6 September 1957.

Sebaliknya, Vietnam dinilai tampil buruk, bahkan mereka bermain dengan performa terburuknya di hadapan Indonesia.

"Adalah Vietnam yang sedang dalam performa terburuknya hari ini. Dalam beberapa serangan, mereka punya peluang bagus untuk memcetak gol, namun penyerangnya yang tampil tak bergairah gagal memanfaatkannya," demikian petikan berita The Straits Times.

Jersey Baru Timnas Indonesia, Terinspirasi dari Jersey Timnas 1981

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini