Bos Microsoft dan Apple Mau ke Indonesia Bulan Depan, Ada Apa?

Bos Microsoft dan Apple Mau ke Indonesia Bulan Depan, Ada Apa?
info gambar utama

CEO Microsoft Satya Nadella dan CEO Apple Tim Cook akan bertandang ke Indonesia pada April mendatang. Rencana ini disampaikan oleh Menteri Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Budi Arie Setiadi.

Microsoft ingin hadir di pertengahan 17 April, dari Apple, Tim Cook mau datang 20 April,” kata Menteri Budi kepada awak media, Kamis (21/3).

Bos Apple datang ke Indonesia bukan untuk membangun pabrik, melainkan hadir dalam peresmian Apple Academy di Bali. Sebelumnya, tempat pelatihan ini sudah ada di kawasan BSD dan Batam.

Sementara Bos Microsoft punya keperluan untuk membahas transfer teknologi dan pengetahuan untuk transformasi digital Indonesia, salah satunya teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

Kerja sama RI–Microsoft

Indonesia diketahui tengah menjalin kerja sama dengan Microsoft untuk mengakselerasi transformasi digital hingga adopsi teknologi AI, yang ditandatangani pada 14 Maret lalu. Kominfo meyakini kolaborasi ini sangat dibutuhkan Indonesia.

Adapun nota kesepahaman yang disepakati adalah tentang sinergi penguatan implementasi teknologi informasi dan transformasi digital di sektor pemerintahan.

Dengan begitu, pemerintah dapat mengakses keahlian hingga inovasi teknologi terkini dalam mengimplementasikan kebijakan-kebijakan digital. Kemudian bagi pelaku industri, akan membuka peluang bisnis baru dan meningkatkan pangsa pasar.

Baca juga Microsoft dan Google Investasi AI, Bagaimana Masa Depan Teknologi Digital?

Cita-cita kemajuan digital

Menteri Budi menilai penandatanganan nota kesepahaman itu merupakan bentuk kolaborasi konkret antara pemerintah Indonesia dan pelaku industri global guna mengakselerasi kemajuan sektor digital Tanah Air.

Bidang kerja sama yang disepakati dengan Microsoft meliputi pengembangan sumber daya manusia, penguatan infrastruktur dan digitalisasi pemerintah, penguatan tata kelola AI, hingga perlindungan data pribadi.

Menurutnya, Indonesia tidak hanya bisa menjadi pasar maupun pengguna teknologi. Sejalan dengan cita-cita menjadi negara maju pada 2045, Indonesia harus menjadi mitra strategis pengembangan teknologi digital.

Baca juga Microsoft dan META Resmi Terlibat dalam Pembangunan IKN

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini