Lolos SNBP 2024? 3 Hal Ini Harus Kamu Lakukan Setelah Pengumuman!

Lolos SNBP 2024? 3 Hal Ini Harus Kamu Lakukan Setelah Pengumuman!
info gambar utama

Kabar baik untuk para siswa kelas 12 yang telah mengikuti Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024. SNBP 2024 diumumkan hari ini tepatnya pada selasa 26 Maret 2024 pukul 15.00 WIB. SNBP 2024 merupakan seleksi untuk ke perguruan tinggi berdasarkan prestasi akademik yang diperhitungkan dari hasil rapor serta portofolio akademik dan non akademik siswa. Rapor yang digunakan akan dilihat dari semester satu sampai dengan semester lima.

Prof Ganefri selaku Ketua Umum Tim Penanggung Jawab Panitia SNPMB 2024 mengatakan bahwa terdapat 126.421 peserta lulus ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Akademik dan 29.608 peserta lulus ke Perguruan Tinggi Negeri (Vokasi). Pengumuman SNBP 2024 dapat dilihat oleh peserta secara online melalui tauran resmi https://pengumuman-snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/

Selamat untuk para siswa yang lolos SNBP 2024, untuk kamu yang masih bingung tahapan apa yang harus dilakukan setelah pengumuman lolos SNBP, berikut ini hal-hal penting yang harus dilakukan, simak penjelasan di bawah ini, ya!

1. Verifikasi Dokumen Penting

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan setelah mendapatkan pengumuman lolos SNBP 2024 adalah verifikasi dokumen dan informasi penting. Kamu bisa membaca ketentuan dokumen dan informasi penting di situs dan sosial media resmi PTN yang telah menerima kamu, setelah itu kamu pastikan juga untuk mengunggah berkas-berkas yang dibutuhkan sesuai format yang ditentukan.

2. Pembayaran dan Administrasi

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah melakukan pembayaran dan administrasi sesuai ketentuan dari PTN yang telah menerima kamu karena ketentuan pembayaran dan pengurusan administrasi di masing-masing PTN pastinya berbeda. Pastikan membaca informasi dan ketentuan dari situs resmi secara teliti. Persiapkan juga dokumen-dokumen yang diminta dan pastikan jangan terlalu mendadak dengan batas waktu pengumpulan agar prosesnya dapat berjalan lancar tanpa hambatan.

3. Memahami Peraturan Kampus

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah memahami peraturan yang telah ditetapkan oleh PTN yang telah menerima kamu. Setiap PTN tentunya memiliki peraturan atau ketentuannya untuk masing-masing jalur pendaftaran termasuk jalur SNBP. Sebagai calon mahasiswa baru di PTN, kamu harus mengetahui dan menaati peraturan yang berlaku. Kamu juga harus selalu update dengan peraturan dan informasi resmi karena biasanya terdapat informasi-informasi tambahan.

Sumber:

https://jabar.antaranews.com/berita/505272/begini-tata-cara-cek-hasil-snbp-2024

https://www.kompas.com/edu/read/2024/03/25/170639471/3-hal-yang-harus-dilakukan-jika-lolos-snbp-2024

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

FZ
AS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini