Mengenal Gunung Munara Rumpin yang Cocok untuk Pendaki Pemula

Mengenal Gunung Munara Rumpin yang Cocok untuk Pendaki Pemula
info gambar utama

Gunung Munara terletak di Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor. Gunung ini merupakan sebuah gunung yang cocok untuk pemula pendaki karena memiliki ketinggian sekitar 1204 meter di atas permukaan laut.

Gunung Munara salah satu destinasi yang ramai dikunjungi warga Jakarta dan sekitarnya karena letaknya yang berada 40 km di barat daya Jakarta dan 12 km di sebelah barat daerah Parung.

Kawan GNFI yang ingin hiking ringan dekat Jakarta, Gunung Munara ini cocok menjadi alternatif untuk mengisi waktu liburan, loh. Pasalnya, banyak wisatawan, khususnya dari daerah Bogor, Depok, Jakarta, yang memilih pergi ke Gunung Munara karena letaknya yang tidak jauh dari perkotaan dan ingin menenangkan pikiran sejenak dari hiruk pikuk kota.

Waktu pendakian dan Biaya Gunung Munara

Puncak Batu Belah
info gambar

Berbeda dengan gunung pada umumnya, Pendakian Gunung Munara hanya memerlukan waktu selama 1—1,5 jam saja, sehingga tidak perlu menginap dan mendirikan tenda. Namun, Jika menginginkan untuk berkemah, di sana tersedia beberapa spot yang cocok dengan suguhan pemandangan Kabupaten Bogor yang memukau.

Dua Bulan Tutup, Jalur Pendakian Gunung Lawu di Karanganyar Kembali Dibuka

Biaya masuknya cukup ramah untuk wisatawan, hanya dengan Rp10.000, Kawan sudah bisa mendaki dan menikmati pemandangan dari atas gunung. Bagi kamu yang membawa kendaraan pribadi, biaya parkirnya adalah Rp10.000. Sedangkan bagi Kawan yang ingin berkemah, biaya sewa tempat yang dikenakan hanya Rp5000 saja.

Gunung Munara ini berjenis Dormant Volcano atau gunung api istirahat yang tidak mengeluarkan erupsi dalam 10.000 tahun terakhir. Terletak di dekat pemukiman warga, Munara menyuguhkan pemandangan yang indah. Keindahan alam bebatuan, gua, hingga pohon-pohon besar dan berakar yang berusia ratusan tahun akan menyapa siapa saja yang mengunjungi tempat tersebut.

Jalur Pendakian Gunung Munara

Selama mendaki, pendaki akan melewati aliran sungai yang tidak deras dan melewati perkebunan milik warga sekitar. Meski cocok untuk pemula, jalan menuju puncaknya terbilang cukup terjal dan menantang. Sehingga bagi pendaki yang ingin naik, diharuskan memiliki kesiapan fisik dan olahraga yang cukup. Jika tidak, pendaki akan mudah kelelahan selama pendakian.

Oh iya, disepanjang pendakian, harus selalu hati-hati dengan barang bawaan ya, karena ada beberapa monyet nakal yang mengincar tas para pendaki, dan mengambil beberapa barang bawaan termasuk stok makanan.

Kebersihan Sebagian dari Nyamannya Nikmati Alam: Kerja Bakti Jalur Pendakian Gunung Bisma

Setelah setengah perjalanan, pendaki akan sampai di salah satu puncak bernama batu belah. Puncak tersebut yang lumayan ekstrem dan curam sehingga membutuhkan tali tambang untuk memudahkan pendakian. Terdapat satu puncak lainnya, yaitu puncak utama Gunung Munara. Namun, mengharuskan mendaki sedikit lagi ke atas agar sampai dipuncaknya.

Setelah sampai di puncak, seluruh rasa lelah akan terbayar dengan pemandangan yang eksotis dan menawan. Jangan lupa untuk berfoto agar kenangan yang indah tidak hilang begitu saja. Tak hanya itu, di puncak Gunung Munara juga terdapat warung yang bisa kamu gunakan untuk beristirahat dan mengisi kembali energi yang telah terkuras selama pendakian.

Puncak Gunung Munara
info gambar

Mitos Gunung Munara

Selain memiliki keindahan yang memukau, Gunung Munara memiliki beberapa mitos yang dipercaya oleh warga sekitar. Gunung kecil ini memiliki banyak situs, seperti gua tempat bertapa Presiden pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno.

Ditemukan pula jejak kaki besar yang dipercaya sebagai jejak kaki si Kabayan dan terdapat petilasan Sultan Hasanuddin. Meskipun begitu, sejarah lain juga menyatu dengan situs-situs yang ada di gunung ini.

Saat ini, situs Gunung Munara dikelola oleh warga sekitar. Bahkan, di kawasan gunung ini sudah terdapat mushola, toilet, dan warung yang tersedia di perkampungan terakhir sebelum wisatawan memulai mendaki.

Jalur Pendakian Gunung Lawu Ditutup, Perkara Perubahan Pengelolaan?

Referensi:

  • https://www.liputan6.com/lifestyle/read/5527709/6-fakta-menarik-gunung-munara-di-bogor-yang-dikenal-mistis-dengan-situs-gua-bertapa-bung-karno?page=4
  • https://www.rumah123.com/explore/kota-bogor/gunung-munara/

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

LL
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini