J.S. Khairen, Penulis Buku yang Giat Mencapai Kesuksesan

J.S. Khairen, Penulis Buku yang Giat Mencapai Kesuksesan
info gambar utama

Jombang Santani Khairen atau yang biasa dikenal sebagai J.S. Khairen, adalah seorang penulis yang memikat banyak hati pembaca dengan kisah-kisahnya yang mendalam. Ia dilahirkan di kota Padang pada 23 Januari 1991 dan dibesarkan di sana.

Sejak kecil, kegemarannya terhadap kegiatan menulis terlihat jelas, sebab ia seringkali menulis cerita pendek. Kegemaran ini berasal dari ayahnya yang merupakan seorang wartawan. Bakat menulisnya ini terus dikembangkan dan minatnya pada bidang sastra sangatlah besar.

sebenarnya, harapan orangtuanya untuk melihat putranya itu meniti karier yang stabil dalam profesi seperti pegawai BUMN atau bank sangat besar. Namun, hati J.S. Khairen tetap terpanggil ke arah dunia menulis. Diketahui walaupun masih mengejar impiannya sebagai penulis novel, ia menjalani pendidikan di bidang Manajemen, Universitas Indonesia.

Selama masa perkuliahannya, J.S. Khairen tak pernah lepas dari dunia jurnalistik. Dirinya bergabung dalam organisasi-organisasi yang berkaitan dengan tulisan. Di sini, i mengasah kemampuannya dalam menulis jurnal, artikel, dan berbagai jenis tulisan lainnya.

Pada tahun 2013 ia menerbitkan karya pertamanya, yaitu "Karnoe: Sejarah Tak Tertulis di Balik Nama Besar." Namun, sayangnya hal tidak berjalan semulus yang diinginkan. Buku tersebut akhirnya tidak laris dan kurang diminati pembaca. Meski begitu, kegagalan tersebut tidak menghentikan J.S. Khairen dalam tetap berkarya.

Ia tetap giat dan tidak patah semangat. Di sisi lain, Khairen juga menjalani dan melakukan berbagai pekerjaan lainnya, seperti asisten dosen, konsultan, bekerja di startup, dan lainnya.

Perbedaan Buku Fiksi dan Nonfiksi dari Pengertian, Tujuan, Ciri, dan Contoh

Pada tahun 2014, J.S. Khairen lulus dari Universitas Indonesia dan sudah menelurkan 4 karyanya. Meski begitu, karyanya tidak ada yang populer ataupun laris.

Pada tahun 2017, beliau menikah dan mempunyai anak. Dari sinilah, prestasi menulisnya menjadi melejit. Setelah menulis 7 karya, kala itu Khairen sudah ingin mencari pekerjaan yang sesuai dengan ijazahnya saja. Namun, istrinya tetap memberikan dukungan dan semangat agar dia tidak patah hati.

J.S. Khairen mendengarkan istrinya dan melanjutkan menulis karyanya yang kedelapan, yaitu Kami (Bukan) Sarjana Kertas. Pada tahun 2019, karya ini menjadi salah satu karyanya yang sangat populer dan laris sampai dibuat 3 sekuel lainnya, yaitu Kami (Bukan) Generasi Bac*t,Kami (Bukan) Jongos Berdasi dan Kami (Bukan) Fakir Asmara.

Buku-buku ini yang menjadi gerbang sukses bagi beliau. J.S. Khairen pun semakin optimis dan bersemangat dalam menulis. Sampai sekarang, beliau masih menjadi penulis yang aktif, bahkan sudah memiliki total 25 karya. Beberapa di antaranya sudah sangat dikenal dan merupakan best seller di toko buku Gramedia. Ada Kami (Bukan) Sarjana Kertas (2019), Kado Terbaik (2022), Melangkah (2020), dan Dompet Ayah Sepatu Ibu (2023).

J.S Khairen membuat berbagai karya yang unik dan berpengaruh bagi masyarakat. Novelnya memiliki ciri khas, yaitu topik yang cukup berat, tetapi disampaikan dengan santai dan jenaka. Buku-bukunya cenderung memiliki pesan yang baik mengenai masalah-masalah yang ada di sekitar kita pada umumnya.

Mengenal Buku Lebih Dalam Bersama Komunitas Rabo Sore

Menjadi Teladan

Dari kisah J.S. Khairen, kita dapat meneladaninya dalam beberapa hal. Pertama, kita harus bisa berjuang dalam segala situasi. Walaupun novel J.S. Khairen pada awalnya tidak laku, beliau konsisten dan terus menulis karya-karyanya. Khairen tidak mudah patah semangat dan terus bekerja keras sehingga bisa mencapai kesuksesan.

Kedua, kita bisa mengambil nilai moral bahwa ambisi itu penting. Walaupun orang tua J.S. Khairen tidak terlalu setuju dengan pekerjaan penulis buku, beliau dari dulu sudah mempunyai ambisi dan tujuan yang terus diasahnya hingga sekarang.

Banyak karyanya yang menginspirasi para pembaca, bahkan mengubah hidup-hidup orang. Tiap novel memiliki pesan yang tersampaikan secara khusus yang bahkan bisa memberikan pembaca pandangan yang baru dan solusi.

Dari sini, kita jadi tahu bahwa melakukan hal yang kita suka saja bisa memberikan dampak positif kepada orang lain. J.S. Khairen menggunakan talenta dan karunianya dalam menulis dan berkreasi untuk membantu orang lain sekaligus menginspirasi. Kiranya beliau akan terus menulis karya-karya yang hebat dan menjadi berkat bagi orang yang membaca dan kita semua. Mari, kita ikuti jejaknya dan mengikuti suara hati kita dalam berkarya.

Mengenal DeLiang Al-Farabi, Penulis Cilik yang Menulis 40 Buku Bahasa Inggris







Sumber Referensi

  • Jaka LI. (2023, July 31). Kisah inspiratif JS Khairen, penulis yang sukses menembus rintangan dan menggapai bintang. Jakarta Insider. Retrieved February 27, 2024, from https://www.jakartainsider.id/gaya-hidup/7319648477/kisah-inspiratif-js-khairen-penulis-yang-sukses-menembus-rintangan-dan-menggapai-bintang
  • Muhajirin. (2022, December 1). Jatuh Bangun JS Khairen Jadi Novelis, Sempat Menulis Pakai Mesin... Langit7.id. Retrieved February 27, 2024, from https://langit7.id/read/26522/1/jatuh-bangun-js-khairen-jadi-novelis-sempat-menulis-pakai-mesin-tik-jadul-1669893163
  • Pawestri, P. (2024, February 25). JS Khairen, Penulis Muda yang Novelnya Jenaka dan Menggugah Kesadaran. TangerangDaily. Retrieved March 2, 2024, from https://tangerangdaily.id/js-khairen-penulis-muda-yang-novelnya-jenaka-dan-menggugah-kesadaran/
  • QnA J.S. Khairen: Soal Minat Baca Milenial dan Fenomena Sarjana Kertas. (2017, November 9). YouTube: Home. Retrieved March 2, 2024, from https://kumparan.com/langkanid/sosok-sastrawan-js-khairen-yang-telah-prediksi-nama-ibu-kota-baru-sejak-2014-1xL0rgV4jLw/full
  • QnA J.S. Khairen: Soal Minat Baca Milenial dan Fenomena Sarjana Kertas. (2019, January 4). kumparan. Retrieved March 2, 2024, from https://kumparan.com/millennial/qna-j-s-khairen-soal-minat-baca-milenial-dan-fenomena-sarjana-kertas-1qFRqspB6nL
  • Tim Blogger Cabaca. (2023, November 27). Biografi dan Daftar Novel JS Khairen, Lengkap! Blog Cabaca. Retrieved March 2, 2024, from https://blog.cabaca.id/biografi-dan-daftar-novel-js-khairen-lengkap/

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

GK
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini