Pengaruh Industri Kreatif Bagi Peluang Usaha Untuk Gen Z

Pengaruh Industri Kreatif Bagi Peluang Usaha Untuk Gen Z
info gambar utama

Apa itu industri kreatif? Menurut Kementerian Perdagangan Indonesia pada tahun 2009, ekonomi kreatif adalah industri yang muncul dari pemanfaatan keterampilan, kreativitas, dan bakat individu untuk menciptakan kekayaan dan kesempatan kerja. Industri ini berfokus pada peningkatan kreativitas dan kreativitas individu.

Adapun menurut Satuan Tugas DCM Inggris: 1998, industri kreatif adalah industri yang lahir dari kreativitas individu dan berpotensi menciptakan kekayaan dan lapangan kerja melalui penggunaan dan pembangkitan kreativitas individu dan kekayaan intelektual.

Dalam hal ini, industri kreatif Indonesia merupakan salah satu industri yang paling cepat berkembang. Perkembangan sektor industri ini memberikan dampak positif bagi perekonomian Indonesia. Pertumbuhan industri kreatif Indonesia mencatatkan pertumbuhan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir.

Potensi industri kreatif dalam menghasilkan lapangan kerja dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia. Industri kreatif mencakup berbagai subsektor seperti seni dan budaya, masakan, film, desain, fashion, fotografi, musik, dan periklanan. Saat ini, terdapat lebih dari 8,2 juta usaha kreatif di Indonesia yang sebagian besar merupakan usaha perhotelan, fashion, dan kerajinan.

Predikisi Tren Ekonomi Kreatif 2024: Dari Audio Visual Hingga Gim Ponsel

Selain itu, industri kreatif memiliki empat subsektor yang berkembang pesat, seperti film, animasi, video, seni pertunjukan, dan desain komunikasi visual. Pesatnya pertumbuhan sektor ini didukung oleh semakin diterimanya teknologi digital di masyarakat.

Menurut Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif, subsektor ekonomi kreatif menyumbang PDB sebesar Rp 1.153,4 triliun pada tahun 2019, atau 7,3% dari total PDB negara, 15,2% angkatan kerja, dan 11,9% ekspor luar negeri. Banyak Gen Z yang memulai usaha di bidang industri kreatif. Tak jarang generasi Z mengatakan bahwa industri kreatif merupakan bidang yang menjanjikan.

Keberadaan industri kreatif memberikan banyak lapangan kerja bagi masyarakat Indonesia. Selain itu, banyak dampak positif yang dirasakan, antara lain pertumbuhan ekonomi, pesatnya perkembangan inovasi baru, dan peningkatan jumlah sumber daya manusia yang lebih kreatif. Selain dampak positif dari industri kreatif, industri kreatif juga mempunyai manfaat sebagai berikut:

Peluang Inovasi yang Besar dan Tidak Terbatas

Seperti disebutkan sebelumnya, industri kreatif berfokus pada kreativitas dan ide. Karena itulah industri kreatif terus melahirkan inovasi-inovasi baru. Bayangkan awal pandemi pada tahun 2020. Tentu saja dengan adanya pembatasan sosial yang ada membuat dalam keadaan normal sektor seni pertunjukan tidak bisa menyelenggarakan acara. Daripada membatalkan acara, kita menemukan alternatif, yakni menyelenggarakan event secara online.

Kemungkinan Pasar yang Besar dengan Modal Seadanya

Industri kreatif mempunyai pasar yang besar dengan peminat yang banyak. Namun, memerlukan modal yang tidak terlalu besar seperti sumber daya manusia dan kreativitas seluruh pelaku ekonomi di sektor kreatif.

Ini Tren Baru Investasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Pakai NFT?

Persaingan Usaha yang Cenderung Sehat

Dalam industri kreatif, monopoli sangat jarang dikendalikan oleh satu perusahaan saja. Faktanya, para profesional kreatif sering kali berjejaring dan berkolaborasi satu sama lain untuk menciptakan inovasi baru yang bermanfaat bagi masyarakat. Dengan kata lain, sektor kreatif Indonesia mendorong terciptanya persaingan usaha yang sehat.

Ekonomi kreatif Indonesia mempunyai potensi besar di bidang kreatif, khususnya industri film dan animasi. Warisan budaya Indonesia yang kaya, tradisi dan keunikan yang beragam menjadikannya destinasi menarik bagi para pelaku industri kreatif. Bakat di negara ini juga penting bagi perkembangan industri kreatif, dengan banyak animator dan desainer berbakat yang sukses di industri ini.

Industri fesyen tanah air juga semakin berkembang, dengan banyaknya desainer yang berbasis di Indonesia. Upaya pemerintah untuk memajukan industri kreatif melalui berbagai cara, seperti teknologi modern, promosi seni tradisional dan kontemporer, serta promosi masakan tradisional, menunjukkan hasil yang menjanjikan dalam meningkatkan kreativitas di tanah air. Upaya pemerintah dalam memajukan industri kreatif diharapkan dapat bermuara pada berkembangnya industri kreatif baik di dalam negeri maupun internasional.

Proyeksi Tren Ekonomi Kreatif untuk Tahun 2024, Apa Saja?

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

RR
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini