Dua Kapal Selam Scorpene dari Naval Grup Prancis Diboyong, Perakitan Dilakukan di PT PAL

Dua Kapal Selam Scorpene dari Naval Grup Prancis Diboyong, Perakitan Dilakukan di PT PAL
info gambar utama

Indonesia menyepakati pembelian dua buah kapal selam (kasel) Scorpene dari perusahaan Naval Grup asal Prancis. Penandatangan kontraknya dilakukan pada 28 Maret 2024, yang juga melibatkan galangan kapal terbesar Indonesia, yakni PT PAL.

Tidak disebutkan secara rinci nominal yang akan dibayarkan untuk menebus Scorpene tipe Evolved yang bertenaga baterai Lithium-Ion ini. Namun, kedua kasel akan dirakit di galangan PT PAL dengan alih teknologi dari perusahaan asal Prancis tersebut.

PT PAL Indonesia Tangani Kapal Ayana Lako Di’a Jelang Libur Lebaran 2024

Hal ini sebuah langkah baru dalam kemitraan strategis dengan Indonesia
sesuai dengan perjanjian kerja sama yang ditandatangani antara pemerintah Perancis dan Indonesia pada Agustus 2021.

“Selain kapal selam, kemitraan strategis kami dengan PT PAL juga akan mendukung industri pertahanan Indonesia untuk secara aktif mempersiapkan masa depan peperangan laut di tanah air. Kami sangat senang menyambut TNI Angkatan Laut dalam keluarga Scorpène®”, Pierre Éric Pommellet, Ketua dan CEO Naval Group.

Kemandirian teknologi

Kesepakatan kapal selam/PT PAL
info gambar

Kaharuddin Djenod, Presiden Direktur PT PAL mengatakan langkah ini merupakan komitmen dan kepercayaan tinggi pemerintah Indonesia terhadap kemampuan engineer anak bangsa Indonesia, dalam memajukan teknologi pertahanan khususnya teknologi kapal selam.

“Komitmen pemerintah dalam mewujudkan kemandirian industri pertahanan juga didukung dengan pemberian Penyertaan Modal Negara (PMN) untuk mendukung penuh seluruh produksi kapal selam dalam negeri di PT PAL. Ke depan, Indonesia diharapkan mampu menguasai teknologi kapal selam.”

Memperkuat industri angkatan laut dan pertahanan Indonesia, dikatakan oleh Kaharuddin, Naval Group dan PT PAL mempunyai niat kuat untuk menjalin kerja sama tidak hanya di bidang kapal selam, tetapi juga dalam membangun kedaulatan Indonesia untuk kepentingan industri pertahanan Indonesia.

PT PAL Indonesia Tangani Kapal Ayana Lako Di’a Jelang Libur Lebaran 2024

Dijelaskan olehnya berkat transfer pengetahuan yang luas dan pengembangan keterampilan khusus industri Indonesia, pengelolaan, operasi dan pemeliharaan pasukan akan dilakukan di Indonesia, oleh engineer Indonesia, sehingga menjamin otonomi negara dan penciptaan pekerja dengan keterampilan tinggi dalam jangka panjang.

“Hingga saat ini, Naval Group dan PT PAL telah menandatangani berbagai perjanjian kerja sama dengan mitra Indonesia, baik untuk program kapal selam maupun lainnya. Scorpène® Evolved, kapal selam serang berperforma tinggi yang dilengkapi dengan sistem energi mutakhir,” paparnya.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Kusumo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Kusumo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini