Candi Borobudur Kawasan Memikat dalam Destinasi Pariwisata Super Prioritas

Candi Borobudur Kawasan Memikat dalam Destinasi Pariwisata Super Prioritas
info gambar utama

Pada tanggal 16 November 1972, UNESCO mengakui Candi Borobudur sebagai Warisan Budaya Dunia. Lalu, pemerintah menetapkan Candi Borobudur menjadi salah satu dari 5 Destinasi Super Prioritas, yang akan terus dikembangkan dari segi infrastrukur hingga ekonomi kreatifnya. Dengan tetap menjaga keindahan Candi tersebut.

Candi yang terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, memanglah pantas mendapat pengakuan dunia dan perhatian dari pemerintah. Berikut informasi mengenai Candi Borobudur dan alasan menjadi Destinasi Pariwisata Super Prioritas!

Sejarah Singkat Candi Borobudur

Terdapat berbagai macam versi terkait tanggal berdirinya Candi Borobudur, karena tidak memiliki bukti yang jelas dan kuat. Salah satu informasi yang dapat Kawan GNFI telusuri yakni situs Cagar Budaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, bahwasanya Candi Borobudur didirikan pertama kali pada tahun 750—842 masehi, zaman kejayaan pemerintahan Dinasti Syailendra, atas perintah dari Raja Samaratungga.

Proses pembangunan candi tersebut, dilakukan oleh para penganut Buddha Mahayana secara bertahap dengan konsep gotong royong, sesuai dengan ajaran agama Buddha. Serta, arsitek yang merancang bangunan megah tersebut adalah Gunadharma.

Pembangunan Candi Borobudur membutuhkan waktu yang cukup lama, sekitar 50 tahun, dan selesai pada masa pemerintahan Ratu Pramudawardhani, putri Raja Samaratungga.

Konon, keindahan Candi 10 tingkat itu sempat hilang selama beberapa abad, karena terkubur debu abu vulkanik, yang diduga dampak dari letusan Gunung Merapi. Namun, peninggalan warisan dunia tersebut dapat direstorasi ulang pada zaman pemerintah Kolonial pada tahun 1911, tepatnya saat Thomas Stamford Raffles menjabat Gubernur jenderal di Pulau Jawa.

Asal Usul Candi Borobudur : Kuil Buddha Terbesar di Dunia

Apa sih, Maksud dari Destinasi Super Prioritas?

Destinasi Super Prioritas adalah sebuah program yang dicanangkan oleh pemerintah yang bekerja sama dengan Menparekraf untuk meningkatkan jumlah wisatawan serta mutu pariwisata dalam skala internasional. Dengan harapan, bisa melahirkan Bali selanjutnya, dan dapat meratakan potensi wisata di seluruh Indonesia. Sehingga, tidak hanya terpusat di Bali saja.

Kemenparekraf telah menetapkan serta akan terus mengembangkan 5 Destinasi Wisata Prioritas, yang menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, merupakan instruksi langsung dari Presiden Jokowi untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pariwisata di indonesia di kancah internasional. Salah satunya adalah Candi Borobudur.

Mengutip dari situs laman Kemenparekraf.go.id, Menparekraf Sandiaga Uno dalam podcast Wonderful Indonesia bersama seorang artis bernama Raffi Ahmad, mengatakan, “Pak presiden Jokowi memberikan instruksi untuk fokus dalam pengembangan 5 Destinasi Wisata Super Prioritas terlebih dahulu. Pastikan di tengah pandemi kita berbenah. Bukan hanya dari infrastrukturnya, tetapi juga dari sisi ekonomi kreatif.”

Danau Toba Kawasan Memikat dalam Destinasi Pariwisata Superprioritas

Alasan Candi Borobudur menjadi Salah Satu Destinasi Super Prioritas

Candi Borobudur adalah sebuah candi terbesar di Indonesia, yang juga menjadi bangunan kuil buddha terbesar di dunia. Luas Kuilnya tersebut mencapai 2500 meter persegi.

Selain itu, Candi Borobudur menyimpan banyak khazanah dan sejarah kebudayaan Indonesia. Dari segi arsitekturnya saja, bentuk bangunan tersebut sangatlah unik dan berbeda, serta memiliki makna filosofi tersendiri.

Apalagi, relief yang terukir di Candi nan megah itu, berjumlah sekitar 2.672 panel relief, terdiri dari 1.460 relief naratif dan 1.212 relief dekoratif, yang memiliki ragam cerita berbeda-beda. Meskipun, terpusat pada konsep cerita tentang ajaran hidup sang Buddha. Hal ini menjadikan Candi Borobudur sangatlah istimewa.

Panorama alam di sekeliling Candi Borobudur juga tak kalah menarik, dan terdapat pula desa-desa di sekitar candi yang memiliki keunikan dari segi budaya dan sosialnya, contohnya saja Desa Giritegah yang masih menjaga tradisi seni.

Memang, Candi Borobudur pilihan tepat untuk dijadikan Destinasi Super Prioritas oleh pemerintah. Bahkan, pengunjung yang datang ke sini dapat mencapai 2 juta pengunjung per tahun baik domestik ataupun turis asing, dan harapannya pengunjung yang hadir akan terus meningkat.

Kegiatan Menarik di Sekitar Candi Borobudur

Di sini, Kawan GNFI akan mendapatkan pengetahuan menarik tentang sejarah dan budaya mengenai Candi Borobudur, dan peristiwa pada masa lalu yang dapat memberi kita pelajaran hidup.

Eits, jika Kawan GNFI belum puas, terdapat beberapa museum di kompleks Candi Borobudur. Misalnya Museum Kapal Samudra Raksa yang tengah viral akhir-akhir ini.

Di sana, Kawan GNFI dapat belajar sejarah kemaritiman Indonesia melalui sinema interaktif Samudra Raksa yang akan memberi penjelasan secara unik dan menarik.

Masih banyak lagi kegiatan yang dapat Kawan lakukan saat berkunjung ke Candi Borobudur, baik di dalam kompleks maupun di sekitar wilayah candi. Serta, terdapat festival menarik tiap tahunnya seperti Festival Lampion.

Yuk, jadikan Candi Borobudur sebagai destinasi pilihanmu di hari libur nanti! Pastikan, Kawan GNFI cek laman situs resmi sebelum berkunjung ke sini untuk mendapatkan informasi resmi dan terkini!

Referensi:

  • CNN Indonesia. (2023, Juni 30). "Sejarah Singkat Candi Borobudur: Pengaruh Bangunan dan Arsitekturnya." dari https://www.cnnindonesia.com/edukasi/20230612143002-569-960741/sejarah-singkat-candi-borobudur-pengaruh-bangunan-dan-arsitekturnya
  • Fandy. "Sejarah Candi Borobudur: Warisan Dunia Peninggalan Dinasti Syailendra." dari https://www.gramedia.com/literasi/sejarah-candi-borobudur/
  • Kemenparekraf. "Alasan Menparekraf Fokus Kembangkan 5 Destinasi Super Prioritas." dari https://www.kemenparekraf.go.id/ragam-pariwisata/Alasan-Menparekraf-Fokus-Kembangkan-5-Destinasi-Super-Prioritas
  • Kemenkeu Learning Center. "Aset Bersejarah Tempat Ibadah: Candi Borobudur." dari https://klc2.kemenkeu.go.id/kms/knowledge/aset-bersejarah-heritage-asset-candi-borobudur-cffaf625/detail/
  • Fany Rachma. "Estetika Relief Candi Borobudur." dari https://www.beritamagelang.id/kolom/estetika-relief-candi-borobudur#:~:text=Candi%20Borobudur%20menjadi%20istimewa%20karena,di%20lantai%20dasar%20Candi%20Borobudur

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

SH
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini