Kuliner Khas di Sekitar Danau Toba, Halal dan Bikin Nagih

Kuliner Khas di Sekitar Danau Toba, Halal dan Bikin Nagih
info gambar utama

Kawasan Destinasi Pariwisata Superprioritas (DPSP) Danau Toba di Sumatra Utara (Sumut) melimpah dengan kekayaan alam, seni, dan budaya. Keunikan yang terdapat di wilayah tersebut termasuk kekayaan kuliner atau makanan yang khas.

Sebagai destinasi, Danau Toba dan sekitarnya memiliki keistimewaan tersendiri, melengkapi empat Destinasi Pariwisata Superprioritas (DPSP) lainnya, yakni Candi Borobudur di Jawa Tengah, Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur (NTT), Mandalika di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Likupang di Sulawesi Utara.

Untuk mengenal lebih jauh ragam kuliner khas di sekitar Danau Toba, berikut disajikan aneka makanan populer dan legendaris dari wilayah tersebut. Mulai dari makanan utama hingga sajian pelengkap seperti menu sayur, camilan, dan sambal yang lezat. Semua bikin nagih, coba deh.

Lepat Gayo, Makanan Khas untuk Menyambut Ramadan dan Hari Besar Keagamaan

1. Bagot ni horbo

Bagot ni horbo atau dikenal juga dengan nama dali ni horbo ini merupakan sejenis keju putih yang diolah secara tradisional menggunakan bahan susu kerbau.

Keju putih ini menjadi jenis makanan khas Batak dan dikenal oleh masyarakat setempat sebagai kuliner yang lazim digunakan dalam festival yang berlangsung reguler tahunan.

Mengolah susu kerbau menjadi dali sudah sudah berlangsung sejak dulu, dilakukan oleh para leluhur suku Batak. Dali ini disajikan sebagai menu utama di rumah-rumah warga Batak.

2. Dengke na niarsik

Dengke na niarsik dikenal luas sebagai kuliner, bukan hanya di kawasan Danau Toba atau Sumatra Utara. Masakan ini meluas ke nusantara dengan nama populer Arsik.

Hidangan kuliner yang mengolah ikan ini ini sangat khas. Ikan diproses masak berpadu dengan ramuan bumbu kuning disertai campuran rasa pedas dan rasa asam yang unik.

Ikan yang digunakan identik dengan ikan mas, sebab di Danau Toba mudah menjumpai ikan air tawae ini. Meskipun demikian, ikan dalak menu ini bisa digantikan dengan ikan lainnya.

Cita Rasa Nasi Punel, Makanan Khas Bangil Pasuruan yang Dinobatkan Menjadi Warisan Budaya

3. Dengke mas naniura

Dengke mas naniura termasuk kuliner Danau Toba yang populer, bahkan masakan ini sering dikaitkan dengan sashimi, makanan khas Jepang.

Mengapa? Sebab na niura yang berbahan ikan ini disantap dalam keadaan mentah, tak ubahnya sashimi asal Jepang, yang diolah dengan bumbu asam dan rempah.

Jika Kawan GNFI cukup berani menyantapnya, tentu akan memberikan pengalaman baru dalam menikmati ragam kuliner yang ada di sekitar Danau Toba.

4. Manuk papinadar

Manuk bagi masyarakat di sekitar Danau Toba merupakan sebutan bagi ayam. Jadi kuliner yang satu ini dikenal sebagai menu olahan daging ayam.

Manuk napinadar diproses dengan cara dimasak menggunakan kelapa parut yang disangrai. Perpaduan selanjutnya dengan bumbu rempah dan andaliman, menghasilkan rasa lezat yang nagih.

Menu ini biasanya menjadi pilihan untuk disajikan pada pesta adat tertentu, berkenaan dengan perayaan suka cita seperti pernikahan, kelahiran, atau perayaan mengantar seseorang yang hendak merantau.

5. Mi gomak

Mi gomak layak menjadi pilihan kuliner saat berwisata ke Destinasi Pariwisata Superprioritas (DPSP) Danau Toba. Sebab mi yang ini berbeda dengan mi pada umumnya.

Olahan mi yang ini menghadirkan untaian mi yang secara ukuran lebih besar dari mi lain dengan tekstur yang kenyal. Bagi yang menyukai mi yang berasal dari Jepang, bisa membayangkannya sebagai udon.

Seperti olahan mi jawa, mi gomak bisa dihidangkan sebagai mi gomak goreng atau mi gomak kuah. Mi gomak goreng yang disajikan dengan santan, andaliman, dan cita rasa asam sepintas mirip spaghetti.

Nasi Boran, Makanan Khas Lamongan Cetak Rekor Muri!

Sumber:

  • https://www.indonesia.travel/id/id/ide-liburan/6-makanan-khas-danau-toba-dengan-cita-rasa-menggoda-wajib-coba
  • https://regalsprings.co.id/danau-toba/kuliner-danau-toba-6-hidangan-khas-yang-menggoda-lidah/
  • https://travel.tempo.co/read/1766641/5-kuliner-khas-batak-di-sekitar-danau-toba-yang-kaya-akan-rempah

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AK
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini