Cita Rasa Nasi Punel, Makanan Khas Bangil Pasuruan yang Dinobatkan Menjadi Warisan Budaya

Cita Rasa Nasi Punel, Makanan Khas Bangil Pasuruan yang Dinobatkan Menjadi Warisan Budaya
info gambar utama

#LombaArtikelPKN2023 #PekanKebudayaanNasional2023 #IndonesiaMelumbungUntukMelambung

Hidup sehat diperoleh dari jiwa yang bahagia. Salah satu cara untuk bahagia yaitu dengan membebaskan jiwa kita untuk mengeksplor kuliner yang kita inginkan. Berbagai macam kuliner tersebar di seluruh Indonesia, baik yang khas dari suatu daerah maupun dari mancanegara. Maka dari itu, yuk intip kuliner khas di Indonesia, salah satunya yaitu dari ibukota Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Berkunjung ke Bangil, rasanya kurang lengkap kalau belum mencicipi Nasi Punel. Makanan yang memiliki isian yang beragam ini, dipastikan dapat memanjakan lidah masyarakat. Cocok bagi masyarakat yang menyukai sambelan, lodeh, dan lauk daging yang menggunggah selera. Berbagai kalangan dapat menikmati cita rasa dari Nasi Punel khas Bangil ini.

Nasi Punel awalnya hanya sebutan dari masyarakat di sekitar Bangil saja. Punel berasal dari kebalikan kata “Pulen” yang artinya pas dan matang, yang dimaksud untuk mengartikan nasi putihnya yang sedang, tidak terlalu lembek dan tidak terlalu kasar. Dikemas menggunakan daun pisang dan ditambah dengan aneka macam isian, mulai dari lodeh nangka muda, sambal tracem, serundeng, lentho dan menjeng, bobor kelapa, serta lauk daging, ayam, empal, kikil dan lainnya sesuai selera.

Menemukan Warung Nasi Punel di Kota Bangil

Kota Bangil memiliki hawa yang cocok untuk menikmati kuliner khasnya. Banyak warung-warung dan kios yang menjual Nasi Punel sebagai produknya, namun dari sekian banyak warung, penulis hanya merekomendasikan 3 warung Nasi Punel terbaik yang ada di Bangil Pasuruan, yaitu:

1.) Warung Nasi Punel Hj. Lin
Sejauh ini, banyak sekali masyarakat baik dari dalam maupun luar kota yang mampir ke warung Nasi Punel ini. Warung Nasi Punel ini terletak di Jalan Raya Nasional Surabaya-Pasuruan, tepatnya di sudut Jembatan Kedunglarangan, yang membagi Kota Bangil menjadi barat dan timur. Nasi Punel yang disajikan disini memiliki cita rasa yang nikmat dengan lapisan kuah santan di atas nasi yang pulen dan lauk daging yang lembut. Harganya mulai dari Rp. 20.000 hingga 35.000

2.) Warung Nasi Punel Pojok
Terletak di sudut atau pojok Plaza Lama Bangil, warung ini cocok untuk masyarakat yang ingin menikmati Nasi Punel dengan harga yang terjangkau. Nasi Punel disini tak kalah enaknya dengan Nasi Punel Hj. Lin, hingga sering kali dipesan oleh para masyarakat baik untuk keperluan acara, maupun dinikmati bersama keluarga.

3.) Warung Nasi Punel Bu Meita
Warung Nasi Punel ini pernah diliput oleh Pak Bondan, pada acara Maknyus Trans 7. Memiliki lauk dan isian yang bermacam-macam, disajikan dalam porsi kuli atau porsi banyak, serta memiliki Cita Rasa yang nikmat dengan bumbu yang melekat di lodehnya. Warung Nasi Punel ini terletak di depan SMPN 1 Bangil, bertepatan di tepi Jalan Raya Nasional Pattimura di gerbang pintu masuk Kota Bangil dari arah barat.

Bagi para pembaca yang masih bingung dengan rekomendasi Nasi Punel diatas, juga bisa mengekplorasi melalui Google Maps, akun Instagram konten kreator Bangil, maupun bisa langsung mengunjungi Bangil agar lebih jelas menikmati dan mengeksplor keindahan sudut kota.

Mendapatkan Penghargaan Rekor MURI

Pada tanggal 8 Juni 2015, Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kabupaten Pasuruan, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Pasuruan dan SAYGON Purwosari-Pasuruan Water Park berhasil meraih rekor MURI dengan sajian nasi punel terbesar di Jawa Timur. Nomor registrasi 6980 ini menampilkan nasi punel berbentuk lingkaran dengan diameter 3,24 meter dan keliling 11,4 meter.

Menjadi Warisan Budaya Tak Benda (WTB)

Nasi Punel khas Bangil ini memiliki keautentikan yang membuatnya dinobatkan sebagai salah satu Warisan Budaya Tak Benda (WTB) oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbudristek RI). Makanan Khas Bangil ini didaftarkan sebagai waisan budaya tak benda oleh Domain Kemahiran dan Kerajinan Tradisional dengan nomor registrasi 2013003541 Tahun 2013.

Cara Mudah Memasak Nasi Punel

Siapapun bisa mencicipi cita rasa Nasi Punel khas Bangil, meskipun tidak langsung mengunjungi warungnya. Kita juga bisa membuatnya langsung. Berikut ini cara membuat nasi Punel oleh Cookpad yang simpel dan nikmat:

Bahan-bahan

1.) Nasi Punel
300 gram Beras pandan wangi
300 ml Air

2.) Sayur Nangka klomohan : Di masak sehari sebelumnya
1 kg Nangka muda
250 gram Daging tetelan/kikil

3.) Bumbu Halus Sayur Lodeh Nangka :
5 siung Bawang Putih
5 siung Bawang Merah
5 buah Cabe Merah
3 butir kemiri
1 kotak Santan Kara (selera kekentalannya)
Secukupnya laos, salam, sereh, daun jeruk

4.) Bobor kelapa muda : masak sehari sebelumnya
50 gram udang keciiil - sy pakai Ebi
1/2 butir kelapa muda
3 buah Cabe Merah
3 siung Bawang Merah
3 siung Bawang Putih
1 sdt Ketumbar Bubuk
1 ruas Kencur
2 lembar daun jeruk
Secukupnya Gula dan Garam
Bungkus Daun pisang untuk

5.) Lauk Bumbu Bali :
10 buah Tahu Goreng
4 buah Ati Ampela / Bandeng
Bumbu halusnya :
3 buah Cabe Merah
3 siung Bawang Merah
1 siung Bawang Putih
1 iris tipis Jahe
1 lembar daun Jeruk (optional)
1 buah Tomat Besar
50 ml Bango manis
200 ml Air secukupnya
Garam
Gula / Kaldu Jamur secukupnya

6.) Sambel Terasi Kacang Panjang :
11 buah Cabe Rawit
4 buah Cabe Merah Keriting
1 sdm Terasi
2 buah Kacang Panjang secukupnya
Gula
Garam

Sementara itu, langkah atau proses pembuatannya yaitu:

Langkah 1
1. Nasi Punel
- Masak Nasi putih seperti biasa, tambahkan daun pandan (opsional)
- Begitu Matang, letakkan di Wadah, lalu aduk dengan Centong sambil dikipasi, Gluten yang ada saat panas akan saling menempel di bulir nasi hingga Nasinya Punel dan nikmat meskipun Dingin

Langkah 2
2. Sayur Nangka Kikil
- Rebus Tewel dengann Daun Salam dan Daun Jeruk hingga empuk.
- Tumis Bumbu halus, masukkan Nangka, beri Air dan masak hingga meresap bumbunya.
- Masukkan Kikil dan Santan, masak hingga kikil Lunak
- Diamkan semalam

Langkah 3
3. Bobor Kelapa Muda
- Haluskan Bumbu
- Haluskan Ebi atau Udang
- Campur hingga rata

Langkah 4
- Tuang 1 Sdm adonan dengan Daun pisang,
- Kukus hingga matang 20-30 menit

Langkah 5
4. Lauk Bumbu Bali
- Tumis Bumbu halus
- Masukkan Tahu dan Lauk,
- Tambahkan kecap manis
- Masukkan Air

Langkah 6
5. Sambal Terasi Kacang Panjang
- Uleg bahan sambal
- Campur dengan rajangan kacang panjang

Langkah 7
Tata semua bahan menjadi satu diatas daun pisang, mulai dari nasi, bobor kelapa, sayur lodeh (di plastik), lalu tambahkan bumbu Bali, sambal, dan lauk sesuai selera (bisa Ayam, Daging, kikil) lalu tambahkan topping peyek atau taburan serundeng.

Nasi Punel Siap dinikmati di rumah dengan perkiraan cukup untuk 4 Porsi

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

SA
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini