Telan Rp437 Miliar, Bandara Panua Pohuwato Gorontalo Resmi Beroperasi

Telan Rp437 Miliar, Bandara Panua Pohuwato Gorontalo Resmi Beroperasi
info gambar utama

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pengoperasian Bandara Panua Pohuwato di Desa Imbodu, Kecamatan Randangan, Kabupaten Pohuwato, Gorontalo, Senin (22/4/2024). Pembangunan infrastruktur ini berlangsung sejak 2015 dan menghabiskan anggaran Rp437,4 miliar, sebagian dibiayai Surat berharga Syariah Negara (SBSN).

Bandara Panua Pohuwato didirikan untuk membuka akses ekonomi ke Kabupaten Pohuwato. Jokowi dalam sambutannya menyebut, keberadaan bandara sangat penting untuk mempercepat konektivitas orang dan barang agar Indonesia bisa bersaing dengan negara lain. Kehadiran Bandara Panua Pohuwato diharapkannya dapat memunculkan titik-titik ekonomi baru yang akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Pohuwato.

“Ke depan, bukan negara besar mengalahkan negara kecil, tapi negara cepat mengalahkan negara lambat. Oleh sebab itu, kita perlu cepat,” ujar Jokowi.

Soekarno-Hatta Jadi Bandara Terbaik ke-28 Dunia, Tertinggi dalam Sejarah

Dok. BKIP Kemenhub

Bandara Panua Pohuwato memiliki landasan pacu sepanjang 1200 x 30 meter. Menurut Jokowi, itu masih pendek. Dia pun meminta runway tersebut diperpanjang paling lambat tahun depan agar pesawat jenis ATR (Aerei da Trasporto Regionale) full bisa mendarat di sana.

Selain landasan pacu, Bandara Panua Pohuwato juga memiliki taxiway sepanjang 15 x 170 meter, apron 110 x 70 meter, serta gedung terminal berukuran 990 meter persegi yang dapat menampung pesawat paling besar berjenis ATR 72-600. Menteri Perhubungan RI Budi Karya mengatakan, Panua Pohuwato menjadi bandara ke-25 dari 27 bandara yang sedang dibangun pemerintahan Jokowi.

“Ini adalah salah satu legacy dari Bapak Presiden yang selalu memberikan arahan kepada kami untuk membangun bandara di semua pelosok tanah air,” tutur Budi.

Sebelum diresmikan Jokowi, penerbangan perintis perdana sudah dilakukan dari dan ke Bandara Panua pada 18 Februari 2024. Saat itu, pesawat DHC-6 Twin Otter milik maskapai SAM Air sukses mendarat dan terbang dengan rute Gorontalo–Pohuwato–Palu pergi pulang.

4 Fakta Bandara Kalimarau, Bandara Megah di Berau Kalimantan Timur

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini