7 Tips agar Terhindar dari Penyakit

7 Tips agar Terhindar dari Penyakit
info gambar utama

Kawan GNFI, penyakit adalah suatu keadaan menyimpang tertentu yang tidak secara langsung berasal dari bahaya luar, melainkan juga secara negatif mempengaruhi struktur atau fungsi seluruh atau sebagian tubuh makhluk hidup. Selain itu, istilah "penyakit" juga dapat digunakan untuk merujuk pada suatu kondisi medis yang memiliki gejala dan indikator klinis yang spesifik.

Penyakit dapat disebabkan ketika tubuh kehilangan keseimbangan. Kondisi sakit terjadi ketika seseorang tidak lagi berada dalam kesehatan yang normal. Sebagai contoh, gangguan autoimun, alergi, dan berbagai jenis insufisiensi imunologis hipersensitif, semuanya dapat disebabkan oleh kegagalan sistem kekebalan tubuh interna.

Kawan GNFI pasti menginginkan kesehatan yang baik. Tantangan untuk mencapainya adalah dengan mempertahankan perilaku sehat sehari-hari. Tidaklah sulit untuk menjaga kesehatan yang baik. Dilansir dari rspkusolo.com, kita dapat mengikuti 7 tips ini supaya tubuh terhindar dari penyakit.

1. Kurangi Stres

Dilansir dari rspkusolo.com, stres yang terus-menerus berpotensi mengganggu sistem kekebalan tubuh dan membuat kita lebih rentan terhadap penyakit. Pendekatan yang tepat untuk mengatasi stres secara efektif adalah dengan memprioritaskan pemeliharaan tubuh yang sehat.

Banyak strategi yang dapat dilakukan untuk mengurangi stres, termasuk melakukan meditasi, olahraga, mencari dukungan dari orang yang dipercaya, dan berpartisipasi dalam kegiatan positif lainnya.

Tak Perlu Bingung, Inilah Cara Berobat Menggunakan Kartu BPJS Kesehatan

2. Rutin Berolahraga

Sangatlah penting untuk menjaga keseimbangan antara menjaga kesehatan melalui tips dan menggabungkan olahraga teratur. Olahraga tidak hanya meningkatkan kesehatan yang baik, tetapi juga membantu mencegah dan memerangi berbagai penyakit seperti diabetes, osteoporosis, kanker, radang sendi, stroke, tekanan darah tinggi, dan depresi.

Dilansir dari alodokter.com, menyarankan untuk melakukan aktivitas fisik selama 20—30 menit setiap hari.

3. Kurangi Alkohol

Hindari konsumsi alkohol karena dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, membuat kita lebih rentan terhadap infeksi bakteri dan virus, yang pada akhirnya membahayakan kesehatan kita secara keseluruhan.

Selain itu, alodokter.com mengatakan konsumsi alkohol telah dikaitkan dengan berbagai kondisi kesehatan yang serius termasuk penyakit ginjal, kerusakan hati, dan kanker.

4. Rutin Membersihkan Handphone

Handphone berpotensi menjadi saluran transmisi dan mutasi kuman dan bakteri jika digunakan secara bersama-sama. Menempatkan ponsel kita di lokasi yang tidak bersih juga meningkatkan kemungkinan perpindahan kuman dan bakteri, seperti di kamar kecil.

Pada kenyataannya, kemungkinan tertular penyakit akibat bakteri meningkat ketika seseorang secara konsisten memegang gadget elektronik kesayangannya dan menyentuh mulut atau hidungnya tanpa mencuci tangan terlebih dahulu.

Menilik Pentingnya Pemeriksaan Kesehatan Reproduksi Perempuan sejak Usia Dini

5. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Minum cairan dalam jumlah yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan yang baik, karena menawarkan banyak manfaat termasuk meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa cairan yang kita konsumsi membantu menghilangkan limbah metabolisme dan racun dari dalam tubuh secara efisien.

Disarankan untuk mengonsumsi sekitar 2 liter air mineral setiap hari untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

6. Istirahat dan Tidur yang Cukup

Mengupayakan istirahat dan tidur yang cukup selama 7—9 jam setiap hari sangat penting untuk menjaga kesehatan. Hal ini memungkinkan tubuh untuk mengisi kembali tingkat energi dan meningkatkan konsentrasi dan produktivitas.

7. Kurangi Penggunaan Antibiotik

Penggunaan antibiotik muncul ketika bakteri kehilangan kemampuannya untuk dikendalikan secara efektif oleh antibiotik, yang dimaksudkan untuk menghambat pertumbuhannya atau membasmi bakteri tersebut. Isu ini semakin parah karena meningkatnya jumlah orang yang mendapatkan antibiotik tanpa resep dokter dan kurangnya pemahaman tentang penggunaan yang tepat.

Dan yang paling utama adalah lakukan pemeriksaan secara rutin ke rumah sakit atau ke klinik terdekat untuk mengetahui kondisi tubuh. Sebelum terlambat, terapkanlah berbagai cara menjaga kesehatan tubuh di atas dalam kehidupan sehari-hari untuk menjaga tubuh senantiasa sehat, bugar, dan terhindar dari berbagai penyakit.

Demikian tips menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit yang bisa teman-teman lakukan setiap hari. Salam sehat!

5 Praktik Self-Compassion, Cara Agar Kesehatan Mentalmu Tetap Terjaga

Daftar referensi:

https://www.alodokter.com/tips-hidup-sehat-agar-bebas-penyakit

https://www.rspkusolo.com/a/tips-menjaga-kesehatan-agar-terhindar-dari-penyakit

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

NN
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini