RI Punya Pusat Uji Perangkat Digital: 12 Labor, Terlengkap se-ASEAN

RI Punya Pusat Uji Perangkat Digital: 12 Labor, Terlengkap se-ASEAN
info gambar utama

Indonesia memiliki laboratorium pusat uji perangkat telekomunikasi terlengkap se-Asia Tenggara bernama Indonesia Digital Test House (IDH). Fasilitas ini terletak di Jalan Raya Tapos Nomor 46 dan dikelola oleh Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (BBPPT) Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika.

“Laboratorium ini terlengkap di Asia Tenggara, selain Vietnam. Ini tentunya membanggakan. Sedang diatur waktunya supaya laboratorium ini akan diresmikan Bapak Presiden,” tutur Menteri Kominfo RI Budi Arie Setiadi di BBPPT Tapos, Depok, Jawa Barat, Kamis (2/5/2024).

IDTH dilengkapi 12 unit laboratorium yang berfungsi dalam pengujian standar berbagai perangkat elektronik. Menurut Budi, fasilitas ini menjadi bagian integral pengembangan ekosistem digital nasional, khususnya dalam bidang pengujian dan kalibrasi dengan metode serta standar internasional. Maka dari itu, dia berharap, IDTH dapat menjadi laboratorium rujukan internasional.

“Sebagai laboratorium, BBPPT tidak hanya bertanggung jawab atas pemenuhan standar keamanan dan kualitas alat serta perangkat telekomunikasi, tetapi juga memastikan pembangunan ekosistem digital yang kuat dan berkelanjutan,” jelasnya.

Hadirkan Pusat AI di Solo, Perusahaan AS Investasi Rp3 Triliun

12 Laboratorium di IDTH

1. Laboratorium Electromagnetic Compatibility (EMC)

Ruang pengujian untuk memastikan perangkat elektronik beroperasi secara normal di lingkungan elektromagnetik tanpa terpengaruh ataupun menghasilkan interferensi terhadap lingkungan sekitarnya, seperti laptop dan televisi (TV).

2. Laboratorium SAR & EMF

Ruang pengukuran tingkat radiasi non-pengion dari pancaran gelombang elektromagnetik yang dihasilkan perangkat teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang menempel pada tubuh manusia, seperti HP dan tablet PC.

3. Laboratorium Electrical Safety

Ruang pengujian perangkat TIK untuk memastikan keamanan pengguna dari potensi arus bocor dan tegangan berlebih, seperti mesin fotokopi dan Set Top Box.

4. Laboratorium Seluler

Ruang pengujian perangkat yang beroperasi dengan teknologi seluler, seperti handphone, base transceiver station (BTS), dan GPS tracker.

5. Laboratorium Radio High Power

Ruang pengujian perangkat yang beroperasi menggunakan gelombang radio dengan power lebih dari 36 desibel miliwatt (dBm), seperti HT dan radio maritim.

6. Laboratorium Radio Low Power

Ruang pengujian perangkat yang beroperasi menggunakan gelombang radio dengan power kurang dari 36 dBm, seperti Near Field Communication (NFC) dan perangkat Internet of Things (IoT).

Investasi Rp400 Miliar, Mazda Bangun Pusat Perakitan di Jabar

7. Laboratorium Laser dan Optik

Ruang pengujian perangkat telekomunikasi berbasis optik agar pengguna terhindar dari potensi paparan radiasi dari perangkat telekomunikasi berbasis optik.

8. Laboratorium Broadcast

Ruang pengujian perangkat penyiaran (broadcasting), seperti TV, Set Top Box, pemancar TV, termasuk fitur early warning system (EWS).

9. Laboratorium Kalibrasi RF

Ruang untuk mengalibrasi alat ukur berbasis frekuensi radio seperti spectrum analyzer, signal generator, dan TV receiver.

10. Laboratorium Kalibrasi Antena

Ruang untuk mengalibrasi antena secara radiated.

11. Laboratorium Kalibrasi Optik

Ruang untuk mengalibrasi alat ukur berbasis optik.

12. Laboratorium Kalibrasi Kelistrikan

Ruang untuk mengalibrasi alat ukur berbasis listrik, seperti power supply dan multimeter.

Uni Emirat Arab Sepakat Bangun Pusat Data Raksasa di Indonesia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini