Uni Emirat Arab Sepakat Bangun Pusat Data Raksasa di Indonesia

Uni Emirat Arab Sepakat Bangun Pusat Data Raksasa di Indonesia
info gambar utama

Kementerian Investasi Uni Emirat Arab dan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sepakat untuk membangun pusat data dengan total kapasitas mencapai 1.000 MW di Indonesia. Kerja sama ini telah ditandatangani dalam sebuah nota kesepahaman (MoU).

Bersumber dari zawya.com, Indonesia dan UEA akan menjajaki berbagai bentuk kerja sama berdasarkan MoU, termasuk kemitraan investasi, kolaborasi penelitian kebijakan, pengembangan sertifikasi, inovasi, hingga penelitian dan pengembangan.

Menurut Menteri BUMN Erick Thohir, kerja sama dengan UEA ini akan mempercepat pembangunan infrastruktur perekonomian mengingat semakin tajamnya fokus strategis teknologi digital yang telah diterapkan.

Sementara itu, pihak Uni Emirat Arab menilai Indonesia memiliki nilai ekonomi digital yang berkembang pesat karena dorongan menjamurnya perusahaan rintisan (startup). Hal ini juga didukung oleh jumlah penduduk Indonesia sebagai yang terbesar keempat di dunia.

Persahabatan RI-UEA

Menteri Investasi UEA Mohamed Hassan Alsuwaidi mengungkapkan bahwa pembangunan pusat data ini menyimbolkan relasi yang semakin erat antara Indonesia dan UEA, sekaligus menunjukkan komitmen UEA untuk berkolaborasi di bidang ekonomi digital.

“Kami berkomitmen untuk mendukung dan mempercepat seluruh upaya pembangunan di Indonesia, dan perjanjian ini akan berkontribusi dalam memfasilitasi peningkatan kapasitas pusat data, dengan fasilitas baru yang menjanjikan untuk membuka peluang yang memperkuat jalan negara menuju masa depan yang sejahtera,” ungkapnya.

Sejauh ini, terdapat lebih dari 60 pusat data berskala besar di Indonesia. Pasar data lokal Kementerian Investasi UEA sendiri diperkirakan mengalami peningkatan pertumbuhan tahunan gabungan sebesar 14 persen antara 2023 dan 2028.

Di sisi lain, pembangunan pusat data raksasa tersebut juga akan menjadi bukti kepemimpinan Indonesia di bidang data center di kawasan Asia Tenggara. Salah satu program yang dilakukan oleh pemerintah adalah mendorong PT Telkom Indonesia menjadi pemimpin data di kawasan ASEAN.

Kerja Sama RI-UEA Makin Berkembang, Kini Jajaki Logistik hingga Pariwisata

Referensi:

Zawya.com. UAE and Indonesia Sign Memorandum of Understanding. https://www.zawya.com/en/press-release/government-news/uae-and-indonesia-sign-memorandum-of-understanding-c43txvas

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini