Investasi Rp400 Miliar, Mazda Bangun Pusat Perakitan di Jabar

Investasi Rp400 Miliar, Mazda Bangun Pusat Perakitan di Jabar
info gambar utama

Produsen otomotif asal Jepang, Mazda Motor Corporation, akan memiliki pusat perakitan di Indonesia. Fasilitas itu bakal didirikan oleh PT Eurokars Motor Indonesia (EMI)—Agen Tunggal Pemegang Merek (APTPM) dan distributor mobil Mazda di Indonesia.

EMI bakal menggelontorkan investasi sekitar Rp400 miliar untuk membangun pabrik perakitan Mazda di Jawa Barat.

“Kami merasa terhormat karena telah diberikan kepercayaan oleh Mazda, untuk membangun pusat perakitan di Indonesia,” kata Ricky Thio, Managing Director EMI, dalam keterangan tertulis, dikutip pada Jumat (15/3/2024).

BYD Umumkan Harga Mobil Listriknya di Indonesia, Termurah Rp425 Juta

Menurut Ricky, pembangunan fasilitas ini akan menjadi tonggak sejarah yang signifikan bagi perusahaannya dalam memenuhi permintaan pelanggan Mazda di Indonesia. Pihaknya memperkirakan, compact crossover akan menjadi segmen utama yang diproduksi di pabrik perakitan itu. Dia pun berkomitmen untuk mempertahankan standar kualitas kendaraan Mazda yang dirakit secara lokal di Indonesia agar memiliki kualitas setara dengan kendaraan rakitan Jepang (Completely Built Up).

Pembangunan pusat perakitan di Indonesia didasari pemahaman Mazda yang cermat dan strategis terhadap besarnya potensi pasar otomotif Indonesia. Di samping itu, investasi EMI menandai tekad perusahaan sebagai perpanjangan tangan Mazda demi menjadi pemain kunci dalam menggerakkan pertumbuhan industri otomotif dan perekonomian di Indonesia.

“Dalam merencanakan pembangunan pusat perakitan Mazda di Indonesia, kami memprioritaskan kontribusi kami pada pemberdayaan masyarakat lokal, terutama mereka yang berada di wilayah Jawa Barat. Kami berkomitmen untuk menciptakan lebih banyak lapangan kerja dan meningkatkan perekonomian masyarakat,” tandas Ricky.

Tahun Ini, VinFast dari Vietnam Bangun Pabrik EV di RI Senilai Rp18 Triliun

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini