Bagaimana Bisa Pohon Dapat Menghasilkan Energi Listrik?

Artikel ini milik zonaebt dan merupakan bentuk kerjasama dengan Good News From Indonesia.

Bagaimana Bisa Pohon Dapat Menghasilkan Energi Listrik?
info gambar utama

Ilustrasi Solar Tree. Photo: Pinterest
info gambar

Pohon memiliki peran penting dalam ekosistem suatu lingkungan. Pohon menjadi salah satu produsen oksigen yang memberikan kehidupan bagi lingkungan sekitarnya. Selain itu, pohon menjadi tempat bernaung makhluk lain seperti burung. Pohon juga bahkan dapat membantu dalam mencegah bencana seperti banjir hingga pemanasan global.

Dewasa ini, terdapat satu pohon yang dapat menghasilkan listrik, yakni pohon panel surya atau solar tree. Tidak seperti pohon yang pada umumnya Sobat EBT Heroes lihat sebelumnya dengan berdaun panel surya. Pohon tersebut merupakan sebuah inovasi dalam menghasilkan energi listrik yang ramah lingkungan. Selain itu, pohon panel surya membantu dalam mengurangi penggunaan bahan bakar fosil. Hal itu sekaligus menjadi wujud dalam proses transisi energi terbarukan.

Ilustrasu Solar Tree di Bandung, Jawa Barat. Photo: Bisnis Jabar

Pohon panel surya atau SPVT (Solar Photo Voltaic Tree) merupakan hasil dari arsitektur panel surya buatan yang terlihat seperti pohon alami. Pohon tersebut berupa tiang vertikal yang menancap di tanah sebagai fondasi pohon tersambung dengan cabang-cabang yang menyerupai daun. Teknologi tersebut hanya membutuhkan lahan sempit. Selain itu, pohon tersebut memiliki desain yang estetik.

Baca Selengkapnya

Terima kasih telah membaca sampai di sini