PLTP Sorik Marapi: Pionir Durasi Tercepat dalam Dunia Energi Panas Bumi

Artikel ini milik zonaebt dan merupakan bentuk kerjasama dengan Good News From Indonesia.

PLTP Sorik Marapi: Pionir Durasi Tercepat dalam Dunia Energi Panas Bumi
info gambar utama

PLTP Sorik Marapi. Sumber: Minergy News
info gambar

Di tengah ketidakpastian global mengenai energi dan tantangan perubahan iklim, Indonesia semakin menekankan diversifikasi sumber energi dan pemanfaatan energi terbarukan. Sebagai negara di Cincin Api Pasifik, Indonesia memiliki potensi panas bumi yang besar. Inilah mengapa Indonesia menjadi salah satu produsen energi panas bumi terkemuka di dunia. Potensi sumber daya panas bumi tersebar di berbagai wilayah, termasuk Sumatera Utara, di mana Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Sorik Marapi berdiri. Artikel ini akan menjelaskan peran dan potensi PLTP Sorik Marapi dalam mendukung visi Indonesia sebagai negara yang lebih berkelanjutan secara energi. Mari Sobat EBT Heroes makin tahu Indonesia mengenai PLTP dengan waktu pembangunan tercepat di negara ini.

PLTP Sorik Marapi adalah salah satu proyek strategis nasional yang berlokasi di Kabupaten Mandailing Natal, Provinsi Sumatera Utara. Proyek ini dikembangkan oleh PT Sorik Marapi Geothermal Power (SMGP), anak perusahaan dari PT Medco Power Indonesia. Perjalanan proyek ini dimulai pada tahun 2016 dengan target operasional penuh pada tahun 2022. Dalam waktu tiga setengah tahun terakhir, PT SMGP berhasil menyelesaikan pengeboran sebanyak 23 sumur pada enam tapak pengeboran dan menghubungkan Unit 1 hingga 45 MW pada akhir tahun 2019.

PLTP Sorik Marapi Unit II. Sumber: Indowork

PLTP Sorik Marapi memiliki total kapasitas 240 MW yang terdiri dari dua unit, yaitu unit pertama dengan kapasitas 42,3 MW dan unit kedua dengan kapasitas 45 MW. Unit pertama telah beroperasi sejak akhir 2019, sementara unit kedua masih dalam tahap pengembangan. Keberadaan PLTP Sorik Marapi menjadikannya salah satu pembangkit listrik tenaga panas bumi terbesar di Indonesia dan menjadi penopang utama dalam memenuhi kebutuhan energi nasional.

Baca Selengkapnya

Terima kasih telah membaca sampai di sini