Potensi Energi Panas Bumi Indonesia di Mata Global

Artikel ini milik zonaebt dan merupakan bentuk kerjasama dengan Good News From Indonesia.

Potensi Energi Panas Bumi Indonesia di Mata Global
info gambar utama

Dewasa ini, energi panas bumi menjadi sumber energi terbarukan yang sangat berpotensi sebagai pengganti energi fosil. Energi panas bumi, seperti air panas, uap panas, dan gas, dianggap sebagai sumber energi bersih, ramah lingkungan, terbarukan, dan melimpah.

Para ilmuwan menunjukkan bahwa energi panas bumi cukup dekat dengan permukaan bumi sehingga dapat dimanfaatkan secara ekonomis. Hal tersebut membuat beberapa negara berlomba-lomba untuk melakukan eksplorasi energi geothermal. 

Indonesia adalah salah satu negara yang tengah aktif mengembangkan sektor energi panas bumi sebagai sumber energi terbarukan. Didukung dengan posisi geografis dan kondisi geologisnya, Indonesia telah menjadi negara dengan kekuatan energi panas bumi terkemuka. Bahkan, Indonesia memiliki 40 persen cadangan panas bumi dunia, sehingga berpotensi sebagai sumber daya panas bumi global. Kita jadi Makin Tahu Indonesia memiliki potensi panas bumi yang sangat besar bagi dunia.

Energi panas bumi merupakan sumber energi yang berasal dari panas yang ada dalam air panas, uap air, batuan bersama mineral ikutan, dan gas lainnya yang tidak dapat dipisahkan secara genetik dalam suatu sistem panas bumi. Secara umum, energi ini terkait dengan keberadaan gunung api di dalam perut bumi.

Sumber energi panas bumi diperoleh dari eksploitasi fluida panas yang timbul dari lapisan bumi yang terletak lebih dari satu kilometer di bawah permukaan. Fluida ini memiliki suhu dan tekanan yang tinggi, bahkan mencapai lebih dari 300°C, menjadikan panas bumi sebagai penyedia energi yang sangat besar.

Baca Selengkapnya

Terima kasih telah membaca sampai di sini