Indonesia dan Korsel sudah mendirikan pusat penelitian untuk studi awal pengembangan KF-X, pesawat tempur siluman yang akan diproduksi bersama antara Indonesia dan Korea Selatan, yang terletak di Daejeon, 160 km selatan Seoul. Sekitar 100 ahli dan peneliti dari Korea dan 30 dari Indonesia akan bekerja di tempat itu.

Ahli-ahli tersebut akan bersama melihat dan mengembangkan design pesawat dan teknologi dasar pesawat siluman tersebut. Proyek ini adalah proyek yang telah lama ditunggu oleh kedua Negara, terutama oleh pihak Korsel. Indonesia sendiri baru secara resmi mengumumkan akan ikut serta 20% dalam pembiayaan pembangunan pesawat tersebut pada 14 July lalu (antaranews.com).




Pembuatan KFX akan melalui 3 tahap, yakni pengembangan teknologi yang akan memakan waktu 2 tahun, rekayasa dan perakitan, sebelum akhirnya diproduksi. Produksi akan mencapai 200 unit, dan Indonesia akan mendapatan 50 unit, cukup untuk membuat 3 skuadron pesawat tempur. Diperkirakan, KFX akan siap pada 2018. Kredit: FlightGlobal.com

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu