Indonesia tak hanya mempunyai keindahan alam, pantai dan bawah laut. Tetapi negeri kita juga menyimpan keindahan air terjun yang tersembunyi. Mari kita ungkap keindahan air terjun itu.

1. Curug Malela,  Jawa Barat

Tinggi air terjun ini sekitar 60 hingga 70 meter dengan lebar 50 meter. Ternyata Curug Malela merupakan kumpulan dari 7 air terjun yang ada di daerah itu dan tempatnya ada di tingkat paling atas. Kawasan tersebut memiliki tujuh tingkat air terjun yang menjulang sejauh satu kilometer. Adapun urutannya adalah Curug malela, curug katumiri, Curug Manglid, Curug Ngeubul, Curug Sumpel, Curug Palisir, dan Curug Pamengpeuk. Curug-MalelaBuat traveler yang penasaran ingin datang ke sana bisa memalui rute dari Bandung via jalur alternatif menuju Cimahi. Selanjutnya menuju Cililin dan lanjut ke Sendang Kereta. Dari Sendang KEreta lanjutkan perjalanan menuju perkebunan teh Montajaya dari situ traveler bisa menitipkan kendaraan dan melanjutkan perjalanan ke air terjun dengan jalan kaki.

2. Air Terjun Temam, Sumatera Selatan

Air terjun Temam bisa traveler temukan di Kelurahan Rahma, Kecamatan Lubuklinggau Selatan 1, Lubuklinggau, Sumatera Selatan. Mungkin belum banyak traveler yang tahu tentang keberadaan air terjun ini namun keindahan alam yang disuguhkan begitu segar dan mempesona. Siapa saja yang ke sana akan betah dibuatnya. Air terjun Temam memiliki ketinggian 12 meter dengan lebar 20 meter. Bentuknya memanjang sehingga air yang jatuh dari atas tebing membentuk seperti tirai yang membuatnya sangat mirip dengan Air Terjun Niagara. Ditambah adanya kolam alami sedalam empat meter di bawah air terjun makin mantap buat berenang. temam waterfallTips sebelum menyambangi air terjun ini adalah mempersiapkan stamina yang oke, pasalnya traveler harus melewati 98 anak tangga. Namun jangan khawatir, keindahan Niagara versi Sumatera Selatan ini bisa langsung menghapus penat traveler selama melewati anak tangga tadi.

3. Air Terjun Moramo, Sulawesi Tenggara

Memiliki lanskap seperti Curug Malela yaitu terdiri dari tujuh tingkat, Air Terjun Moramo di kawasan Suaka Alam Tanjung Peropa, Moramo, Sulawesi Tenggara merupakan air terjun bertingkat (cascade) yang indah dengan ketinggian sekitar 100 meter. Dari ketinggian tersebut, air mengalir melewati tujuh tingkatan utama. Di samping 7 tingkatan utama tersebut, terdapat juga 60 tingkatan kecil yang sekaligus berfungsi sebagai tempat penampungan air (semacam kolam air). Dari sekian banyak kolam tersebut, hanya satu yang dapat dimanfaatkan untuk berenang, yaitu kolam yang terletak di tingkat kedua dari 7 tingkatan utama air terjun tersebut moramo waterfallTraveler harus berjalan sejauh 2 kilometer dari tempat kendaraan di parkir. Uniknya, air terjun ini memiliki mitos yang cukup populer di kalangan warga Sulawesi Tenggara dimana konon ini adalah tempat mandi para bidadari. Bila ingin mengunjungi air terjun ini Anda bisa melakukan 1,5 jam perjalanan dari Kendari dengan mobil pribadi maupun mobil sewaan.

4. Curug Sewu, Jawa Tengah

Daftar air terjun terakhir yang mirip Air Terjun Niagara adalah Air Terjun Sewu atau lebih populer disebut dengan Curug Sewu. Air terjun Curugsewu memiliki keistimewaan dan keunikan tersendiri dibandingkan air terjun lainnya, dengan total ketinggian 70 meter yang terdiri dari 3 terjunan, masing-masing memiliki ketinggian 45 meter, 15 meter dan 20 meter. Curug Sewu bisa traveler jumpai di desa Curugsewu, Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Berbeda dari air terjun lain di dalam daftar ini, di kawasan ini terdapat gardu pandang yang memungkinkan traveler melihat air terjun dari atas. curug sewuKawasan Curug Sewu juga sudah dilengkapi dengan taman bermain, kebun binatang serta kolam renang. Bisa dibilang kawasan wisata ini sudah dikelola dengan baik. Aksesnya pun terbilang paling mudah sebab traveler bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum untuk menuju lokasi. Rutenya dari Semarang Anda bisa menuju Sukorejo kemudian dilanjutkan menuju objek wisata Curug Sewu. Itulah keindahan air terjun Niagara versi Indonesia. Sebelum berkunjung ke tempat-tempat tersebut siapkan fisik dan stamina anda. Dan jangan lupa jagalah kelestarian alam sekitar air terjun. Disadur dari Travelingyuk

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu