Lupa Sandi?
Java Jazz Single

Idul Fitri Rasa Indonesia di Kota Asal Robin Hood, Inggris

Indah Gilang  Pusparani
Indah Gilang Pusparani
0 Komentar
Idul Fitri Rasa Indonesia di Kota Asal Robin Hood, Inggris
Idul Fitri Rasa Indonesia di Kota Asal Robin Hood, Inggris
Nottingham, kota di Inggris yang terkenal sebagai asal Robin Hood, Kamis kemarin dimeriahkan dengan perayaan Idul Fitri ala Indonesia. Mereka melepas kerinduan dengan kampung halaman dan suasa Hari Raya Idul Fitri bersama-sama. Denissa Faradita – mahasiswa master jurusan Advanced Nursing di University of Nottingham – yang mengaku sempat menangis saat mendengar takbir dan berlebaran via Skype dengan suaminya di Indonesia, “Terharu dan sedih pastinya. Tapi Alhamdulillah suami saya suportif. Saat tahu saya menangis, dia langsung memperlihatkan rendang dan lontong padang yang disajikan di rumah. Setelah mewek, malah jadi kesal.” Tambah Denissa sambil tertawa.
Foto 2 - Rasa Lokal yang 'Diimpor' dari Indonesia (Photo by Dewi Yunita) Foto 2 - Rasa Lokal yang 'Diimpor' dari Indonesia (Photo by Dewi Yunita)

Para pelajar di Nottingham membayar kerinduan tersebut dengan mengadakan acara silaturahmi sederhana dengan sesama warga Indonesia yang berdomisili di Nottingham. Setelah selesai mengikuti solat ied yang diselenggarakan pada hari Jumat, 17 Juli 2015 di Sports Centre, Jubilee Campus, University of Nottingham, sebagian mahasiswa yang berasal dari Indonesia berkumpul di rumah Dewi Yunita, mahasiswi PhD tahun terakhir jurusan Food Microbiology di University of Nottingham. Seperti lebaran pada umumnya, acara silaturahmi ini juga dilengkapi dengan acara makan-makan yang dipenuhi oleh masakan khas Indonesia, mulai dari ketupat, opor ayam, lontong sayur tauco, rendang, telur balado, sampai kue kering khas lebaran seperti nastar dan putri salju pun tersedia hasil patungan warga Indonesia.
Aneka Kue Kering Khas Lebaran (Photo by Dewi Yunita) Aneka Kue Kering Khas Lebaran (Photo by Dewi Yunita)

“Tahun ini rasanya spesial,” ujar Dewi Yunita yang sudah kurang lebih lima tahun tinggal di Nottingham dan selalu merayakan lebaran di Inggris, “Lebih ramai, dan karena ada orang tua mahasiswa Indonesia yang ikut datang, jadinya seperti seperti ada keluarga sendiri, orang tua sendiri.” Selain silaturahmi sederhana yang diselenggarakan pada pada lebaran hari pertama, kelompok Pengajian Derbyshire, Leicestershire, Nottinghamshire juga mengadakan acara silaturahmi pada lebaran hari ke-2 di hari Sabtu, 18 Juli 2015, dalam rangka merayakan Idul Fitri dan mengundang lebih banyak lagi warga Indonesia yang tinggal di Nottingham dan kota-kota lain di sekitarnya. Acara silaturahmi ini sengaja dibuat pada akhir pekan untuk menyiasati warga Indonesia yang masih harus bekerja di hari Jumat karena Idul Fitri bukan merupakan hari libur nasional di Inggris Raya. sumber: Adiwerti Sarahayu Lestari, Nottingham

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG INDAH GILANG PUSPARANI

Indah graduated from MSc Development Administration and Planning from University College London, United Kingdom in 2015. She finished bachelor degree from International Relations from University of In ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
BJ. Habibie

Tanpa cinta, kecerdasan itu berbahaya. Dan tanpa kecerdasan, cinta itu tidak cukup.

— BJ. Habibie