Tak banyak yang tahu, Indonesia adalah satu dari empat negara di dunia yang memiliki fenomena gumuk pasir. Gumuk pasir adalah bentukan endapan pantai yang mencapai ketinggian puluhan meter. Di  Indonesia, satu-satunya gumuk pasir terdapat di kawasan Parangtritis, Kecamatan Kretek, Bantul, Yogyakarta. Gumuk Pasir Parangtritis adalah sebuah fenomena alam langka dan satu-satunya yang ada di Asia Tenggara. Gumuk pasir ini berupa bukit-bukit atau gundukan pasir seperti padang gurun yang terdapat di Timur Tengah. Pasir-pasir ini merupakan hasil aktivitas vulkanik Gunung Merapi dan Merbabu yang terbawa oleh arus Kali Opak dan Kali Progo. Pada awalnya, masyarakat sekitar tidak melihat suatu hal yang unik dari tempat ini. Namun setelah diadakan berbagai penelitian, barulah mereka sadar bahwa mereka tinggal di salah satu warisan dunia.
Gumuk Pasir Parangkusumo, Yogyakarta (foto: Swaragamafm)

Bagi kalangan akademisi, Gumuk Pasir ini menjadi laboratorium alam yang sering digunakan untuk penelitian. Bentukan gumuk pasir ini tergolong sangat unik dan juga fenomena yang langka.  Bahkan gumuk pasir dengan karakteristik yang sama seperti di pantai selatan Jogja ini hanya bisa dijumpai di sini, dan di Meksiko, terutama yang bentuk sabit (barchan). Barchan merupakan gunungan pasir yang berbentuk melengkung mirip bulan sabit. Fenomena alam hasil bentukan arus angin laut pembawa material pasir halus ini menjadi ciri khas gumuk pasir Parangtritis.
Gumuk pasir berbentuk sabit (foto: wikipedia)

Adapun bentukan gumuk pasir yang bisa ditemui antara lain melintang (transverse), sabit (barchans), parabola (parabolic), dan memanjang (longitudinal).
Sandboarding di Gumuk Pasir Parangkusumo (foto: Fajarindra.web.id)

Gumuk Pasir di sini memiliki suhu yang cukup ekstrim. Dimana ketika siang suhu sangat panas dan terik namun ketika malam hari suhu berubah menjadi sangat dingin. Sedangkan pasir yang terdapat di area ini terbilang unik karena memiliki karakteristik yang sama dengan gurun pasir yang terdapat di Meksiko. Gumuk Pasir Parangkusumo juga dijadikan wisata yang seru untuk bermain ski pasir (Sandboarding). Dengan ketinggian sekitar 20 meter, pengunjung dapat meluncur sepanjang 200 meter. Terdapat pengaman untuk siku, lutut dan helm sehingga pengunjung tidak perlu takut untuk meluncur.     Dari berbagai sumber

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu