Lupa Sandi?

Lampung akan Miliki Perpustakan Terbesar di Indonesia

Bagus Ramadhan
Bagus Ramadhan
0 Komentar
Lampung akan Miliki Perpustakan Terbesar di Indonesia
Lampung akan Miliki Perpustakan Terbesar di Indonesia

Seiring dengan berkembangnya pendidikan, kesadaran tentnag pentingnya membaca pun semakin meningkat. Terlebih fungsi perpustakaan menjadi semakin penting di sebuah wilayah. Hal tersebut sepertinya dipahami benar oleh pemerintah Provinsi Lampung yang berencana akan membangun perpustakan terbesar di Indonesia. Bila perpustakaan ini selesai dibangun, artinya perpustakaan tersebut melampaui perpustakaan terbesar sebelumnya yang diresmikan tahun lalu yakni Graha Tama Pustaka yang berada di D.I Yogyakarta.


"Pembangunan perpustakaaan itu diperkirakan akan menyerap anggaran sekitar Rp100 miliar. Pemerintah Provinsi Lampung berencana membangun perpustakaan terbaik di Indonesia sebagai pusat informasi dan dokumentasi," kata Asisten Bidang Administrasi Umum Setprov Lampung Hamartoni Alhadist.

Baca Juga
Salah satu ikon Bandar Lampung (Foto: Edi Sabarudin)

Hamartoni menyebutkan, pihaknya terus berupaya memantapkan rencana pembangunan perpustakaan terbaik di Indonesia itu, dengan langkah awal adalah menyiapkan DED (Detail Engineering Design) melalui Dinas Pengairan dan Permukiman Provinsi Lampung telah menganggarkan dana cukup besar. 


Gedung Perpustakaan tersebut nantinya, akan dilengkapi ruang seminar, ruang publik, ruang baca rekreatif, ruang bermain anak, ruang E-library, baca anak, audio visual, diorama, rumah makan dan lainnya.


Rencananya perpustakaan tersebut akan dibangun di tanah seluas 2,5 Ha yang saat ini digunakan oleh Kantor Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan di Jl. ZA Pagar Alam No.52 Kedaton B.Lampung. Alternatif lokasi lainnya adalah di lahan milik Institut Teknologi Sumater (Itera) yang berada di Jl. Terusan Ryacudu Desa Way Hui Kecamatan Jati Agung Lampung Selatan. Lokasi-lokasi tersebut dipilih dengan mempertimbangkan akses jalan yang mudah dicapai oleh masyarakat umum.


"Dari beberapa alternatif tersebut kami akan laporkan kepada Bapak Gubernur mana yang lebih layak dan strategis," ujarnya. Pemprov akan mengundang Forum Rektor, serta Forum Penerbit dalam waktu dekat untuk berdiskusi dan meminta masukan tentang rencana tersebut.


Tujuan pembangunan perpustakaan tersebut selain sebagai pusat informasi, juga dapat memberikan manfaat lain seperti sarana pendidikan dan pelatihan, serta tempat penelitian bagi para peneliti dan cendekiawan.  Perpustakaan itu juga dipergunakan untuk pengabdian bagi masyarakat dan memberikan fungsi rekreasi yang positif untuk pencerdasan dan tambahan pengetahuan bagi masyarakat di Provinsi Lampung.

sumber: Republika

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG BAGUS RAMADHAN

Pencerita yang tiada habisnya. Mencari makna untuk cipta karya. Pembelajar yang kerap lapar. ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Andrea Hirata

Berhenti bercita-cita adalah tragedi terbesar dalam hidup manusia.

— Andrea Hirata