Lupa Sandi?

Pertama Kalinya dalam Satu Dekade, Subuh di Indonesia yang Langka

Asrari Puadi
Asrari Puadi
0 Komentar
Pertama Kalinya dalam Satu Dekade, Subuh di Indonesia yang Langka

Untuk pertama kalinya dalam satu dekade, lima planet terlihat dengan mata telanjang membentuk garis sejajar di langit Indonesia. Fenomena langit langka ini akan terus berlanjut hingga (20/2) mendatang.

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin menjelaskan bahwa 5 Planet yang akan tampak sejajar itu muncul dalam beberapa hari pada waktu subuh pukul 04.30 WIB dan bisa dilihat dari arah timur. (Baca Juga : Ilmuwan Indonesia ini Diabadikan di 120 Planetary Nebula Cluster)

(Venus, Mars dan Jupiter membentuk garis lurus sejajar dengan Bulan, Foto : dok.Stellarium)

Tak hanya di Indonesia, seluruh Dunia bisa melihat penampakan barisan planet ini pada waktu lokal masing-masing. Thomas menjelaskan penampakan planet yang muncul tersebut karena garis ekliptika, garis yang seolah-olah garis posisi matahari di langit. (Baca Juga : Orang Indonesia di Balik Temuan Planet Alien)

Berdasarkan urutannya dari Merkurius, Venus, Saturnus kemudian Mars dan Jupiter. Berbeda dengan Mars, Jupiter dan Venus yang lebih mudah dilihat dan dikenali, Merkurius dan Saturnus membutuhkan alat tambahan seperti teropong dan teleskop untuk mengamatinya.

Menurut Dr Hill seorang Astronom dari Museum Victoria, kelima planet yang bersinar terang ini telah diamati sejak zaman dahulu kala.

"Hanya ada segelintir hal luar biasa yang bisa dilihat di langit pada malam hari dengan tanpa bantuan alat apapun," kata Dr Alan Duffy, dari Swinburne University.

Garis yang dibentuk oleh planet ini mengikuti jalur matahari di langit, garis inilah yang disebut ekliptika.

Untuk membantu mengidentifikasi planet-planet ini, Dr Hill mengatakan bulan akan berjalan melewati masing-masing planet ini satu kali putaran, dimulai dari Jupiter pada 28 January dan diakhiri di planet Merkurius pada 7 Februari.

Dr Hill mengatakan kelima planet ini akan kembali berada dalam satu garis lurus pada bulan Agustus, dan baru akan terjadi lagi pada Oktober 2018.

Source : Detik

Label:
Planet
Pilih BanggaBangga14%
Pilih SedihSedih2%
Pilih SenangSenang21%
Pilih Tak PeduliTak Peduli3%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi5%
Pilih TerpukauTerpukau56%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG ASRARI PUADI

Mamut Menteng Ureh Utusku. ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti

ARTIKEL TERKAIT

7 Selebriti Internasional Keturunan Indonesia

Good News From Indonesia2 minggu yang lalu

Inilah 7 Cara ASEAN Tahan Hadapi Bencana

Good News From Indonesia2 minggu yang lalu

7 Film Indonesia di Ajang Oscar

Good News From Indonesia3 minggu yang lalu
Next
Ki Hajar Dewantara

Anak-anak hidup dan tumbuh sesuai kodratnya sendiri. Pendidik hanya dapat merawat dan menuntun tumbuhnya kodrat itu.

— Ki Hajar Dewantara