Lupa Sandi?

Makanan-makanan Terpedas di Dunia. Peringkat I adalah ..

Akhyari Hananto
Akhyari Hananto
0 Komentar
Makanan-makanan Terpedas di Dunia. Peringkat I adalah ..

Indonesia begitu kaya akan makanan pedas. Hampir seluruh tempat di Indonesia mempunyai kuliner khas dengan kekhasan rasa pedas yang sangat terasa, bahkan tak jarang..begitu tak tertahankan. Di daerah saya di Surabaya, terdapat berbagai macam sambal yang dijual sendiri, untuk dihidangkan bersama makanan utama. Pedas!

Nah, ternyata makanan-makanan pedas tak melulu dominasi Indonesia. Lonely Planet menulis bahwa Indonesia sangat 'gila' akan kesukaannya pada sambal. Saya setuju. Berikut adalah makanan-makanan terpedas dari seluruh dunia, di ambil dari sumber ini. Meski begitu, ada beberapa makanan yang dijuluki makanan terpedas di dunia. Apa saja makanan tersebut? Ini dia.

1. Sambal Ulek - Indonesia Masakan khas Indonesia ini didaulat menjadi makanan terpedas di dunia. Sambal yang satu ini terbuat dari cabai rawit dan cabai merah yang cukup banyak. Cabai rawit indah malahan dikenal lebih pedas 10 kali lipat dibanding cabai Thai Bird's Eyes. Para bule yang pernah mencicipi sambal ulek mengakui hidangan ini sebagai makanan terpedas yang pernah ada.

2. Vindaloo - India India juga merupakan negara yang kaya akan makanan berempah. Tak salah masakan khas India, Vindaloo masuk ke daftar ini. Vindaloo terbuat dari rempah-rempah seperti adas, biji mostar, cabe kering, ketumbar, dan jahe. Sebelum dimasak, ayam direndam terlebih dahulu dengan bahan-bahan tersebut. TAk heran jika kemudian pedasnya terasa hingga ke tulang-tulang si ayam.

3. Wot - Ethiopia Negara di Afrika ini juga mempunyai makanan terpedas. Masakan khas Ethiopia ini dibuat dengan campuran 1 kg bawang merah dan bawang putih, jahe, juga barbere yakni cabai kering. Jumlah yang mengerikan tersebut membuat makanan ini begitu pedas.

4. Jerk Chicken - Karibia Makanan yang satu ini juga termasuk yang terpedas. Bumbu-bumbunyalah kunci rasa pedas yang tak tanggung-tanggung. Terbuat dari cengkeh, kayu manis, daun bawang, pala, thyme, bawang putih, serta cabai scotch bonnet yang memberikan rasa panas di bibir dan perut penikmatnya.

5. Suicide Chicken - Amerika Serikat Namanya memang unik. Seolah-olah ayam yang digunakan sebagai bahannya bunuh diri karena mengonsumsi cabai. Padahal sesungguhnya, rasa pedas menyengat di makanan ini berasal dari perpaduan saus tabasco, potongan cabai kering, dan cabai segar cincang sebelum digoreng kering. Aromanya saja sudah mampu membuat hidung tertusuk.
6. Kimchi - Korea Selatan Makanan terkenal dari Korea ini memang cukup populer. Makanan ini terbuat dari acar kubis yang direndam dalam jahe, cabai, bawang putih, dan bawang merah selama satu bulan. Pedasnya tak hanya terasa di bagian luar, namun juga terasa hingga gigitan terakhir. Pedasnya betul-betul menyengat dan membakar lidah.

7. Lobak dengan Lada Sicuan - Cina Masakan dari Cina yang satu ini juga terkenal akan rasa pedasnya. Masakan ini sudah pasti terbuat dari lobak yang dicampur lada sichuan. Makanan ini menggunakan cabai Bird's Eye yang kekuatan pedasnya mampu membakar lidah. Tak hanya itu, lada sichuan dan potongan cabai pun menambah rasa pedasnya.

Sumber artikel dan gambar: citizen6.liputan6.com/

(Tulisan oleh: Sulung Lahitani Mardinata)

Pilih BanggaBangga44%
Pilih SedihSedih11%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli22%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi11%
Pilih TerpukauTerpukau11%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG AKHYARI HANANTO

I began my career in the banking industry in 1997, and stayed approx 6 years in it. This industry boost his knowledge about the economic condition in Indonesia, both macro and micro, and how to unders ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Ki Hajar Dewantara

Anak-anak hidup dan tumbuh sesuai kodratnya sendiri. Pendidik hanya dapat merawat dan menuntun tumbuhnya kodrat itu.

— Ki Hajar Dewantara