Indonesia masih punya pekerjaan rumah besar terkait masalah sampah. Oleh sebab itu diperlukan upaya serius dalam pengolahan sampah yaitu dengan penyadaran masyarakat.

Pendiri Greeneration Indonesia, Bijaksana Junerosano, mengatakan, saat ini hari peduli sampah sudah diperingati setiap tahunnya yaitu pada tanggal 21 Februari. Berdasarkan riset Greeneration banyak masyarakat di Indonesia yang belum tahu hari peduli sampah tersebut.

Oleh karena itu, Greeneration bersama sejumlah kolaborator terus mengkampanyekan aksi bergerak untuk #IndonesiaBebasSampah2020 di seluruh Indonesia.

"Pada 21 Februari nanti gerakan bebas sampah di seluruh Indonesia, semua masyarakat harus terlibat," ungkapnya pada Rabu (6/1).

Aksi tersebut meliputi antara lain kerja bakti meningkatkan kepedulian dan mencari solusi sampah di wilayah masing-masing. 

Pada tahun lalu gerakan bebas sampah sudah muncul di 23 titik di 22 kota yang digerakkan oleh 61 organisasi dalam waktu hanya 30 hari.

"Ini menandakan bahwa banyak yang 'gemas' terhadap sampah, tetapi masih bergerak sendiri-sendiri. Maka, pada tahun ini kami lakukan pendataan supaya bisa bersama-sama melakukan gerakan. Pada tahun lalu yang bergerak 3.155 orang, tahun ini harus lebih banyak lagi," tambah Bijakasana Junerosano.

Saat ini sudah tercatat sekitar 400 komunitas dari 104 kota di seluruh Indonesia mendaftarkan diri untuk turut serta mengikuti aksi bergerak untuk #IndonesiaBebasSampah2020 tersebut. 

Sumber:

www.republika.co.id

www.beritasatu.com/

www.waste4change.com/

Gambar:

http://earthhour.wwf.or.id/



Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu