Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya kembali dibuat bangga oleh prestasi salah satu dosennya. Dialah Sri Fatmawati SSi MSc PhD, dosen jurusan Kimia FMIPA ITS yang kembali mempersembahkan prestasi tingkat internasional sebagai salah satu pemenang dari lima peneliti wanita terbaik yang meraih penghargaan The 2016 Elsevier Foundation Awards for Early Career Women Scientists in the Developing World di Washington DC, Amerika Serikat.

Penghargaan yang rencananya akan diserahkan pada 13 Februari 2016 ini merupakan pengakuan terhadap penelitian yang mereka lakukan yang dinilai sangat berpotensi memberikan keuntungan di dunia kesehatan dan ekonomi. 

 

Selain Sri Fatmawati, empat peneliti lainnya yang juga menjadi pemenang penghargaan ini adalah Sushila Maharjan PhD dari Nepal, Magaly Blas PhD dari Peru, Etheldrera Nakimuli?Mpungu PhD dari Uganda, dan Ghanya Naji Mohammed Al-Naqeb PhD dari Yaman. 

Penghargaan ini akan diserahkan dalam acara the Gender & Minorities Networking Breakfast at the American Association for the Advancement of Science (AAAS) Annual Meeting di Washington DC, AS. 

( Sri Fatmawati | foto : LensaIndonesia.com )

Tujuan penghargaan ini dimaksudkan untuk lebih memperkuat karir sang pemenang dengan memberikan mereka visibilitas dan kesempatan jaringan kerja baru, yang memungkinkan mereka untuk terlibat dengan rekan-rekan dan masyarakat di awal karir mereka. Para pemenang juga bisa sebagai sumber inspirasi bagi perempuan lain di negara-negara di mana keahlian ilmiah menjadi kebutuhan yang sangat penting. 

Para penerima penghargaan ini diseleksi melalui sebuah rapat panel para ilmuwan terkemuka di dunia. 

“Saya tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan, yang saya tahu bahwa ilmu pengetahuan merupakan bagian dari jiwa saya. Saya berharap akan lebih banyak generasi muda yang bisa berbagai ilmu pengetahuan untuk kehidupan dunia yang lebih baik nantinya,” tutur perempuan berdarah Madura ini yang saat dihubungi melalui telepon sedang berada di Washington DC, Jumat (12/2/2016).

( Sri Fatmawati. Beberapa kali meraih penghargaan dunia | foto: tabloidnova.com )

Ini merupakan penghargaan internasional yang kesekian kalinya diraih Fatma, sapaan akrab Sri Fatmawati, setelah sebelumnya perempuan berhijab ini juga meraih beberapa penghargaan di antaranya International Fellowship L”Oreal for Women in Science 2013 di Prancis dan Early Chemist Award 2015 di Honolulu, AS.

LensaIndonesia.com

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu