Masa kehamilan adalah masa yang sangat penting bagi perkembangan bayi di dalam kandungan. Bayi yang sehat tentu menjadi dambaan bagi setiap ibu hamil. Namun, tidak sedikit ibu hamil yang mengalami permasalahan pada masa kehamilannya.

Kurangnya informasi dan pengetahuan sang ibu mengenai pola makan dan kegiatan, serta indikator kesehatan ditambah kesibukan yang dijalaninya acap kali menjadi penyebab lalainya memeriksakan kandungan. Padahal hal ini dapat ini membuat kesehatan ibu hamil dan bayi menjadi terganggu.

Berangkat dari masalah ini, lima mahasiswa UGM yang terdiri dari Nissa Amelia Pahlevy, Bagus Avianto Putra Perdana, Nindya Dini Pangestika, Fury Oktria Putra, dan Irfan Haris mengembangkan sebuah aplikasi berbayar untuk memantau kesehatan selama masa kehamilan. Aplikasi itu mereka beri nama “Prelite”. Aplikasi ini berfungsi memberikan edukasi kepada ibu hamil seputar indikator kesehatan selama hamil, asupan nutrisi, dan kegiatan yang disarankan untuk ibu hamil.

“Prelite juga dilengkapi dengan fasilitas reminder untuk mengingatkan apa yang harus dikonsumsi dan dilakukan ibu selama hamil setiap hari berdasarkan semester yang dijalani,” kata Fury, seperti dikutip dari laman UGM, Minggu (21/2).

Selain itu dengan aplikasi Perlite ini, ibu hamil dapat melakukan konsultasi  dengan dokter secara online melalui message maupun call. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan berbagai macam informasi mengenai kesehatan ibu dan kandungannya beserta pertolongan pertama pada keluhan-keluhan yang sering dihadapi oleh ibu hamil. Fitur yang disediakan tersebut berdasarkan pada permasalahan yang dihadapi dan bertujuan untuk mengakomodasi kebutuhan ibu hamil. Riwayat kesehatan ibu selama masa kehamilan pun dapat tercatat oleh aplikasi ini, mirip seperti KIA, Kartu Ibu dan Anak yang dikeluarkan dokter.

“Keunggulan aplikasi ini dibandingkan dengan KIA adalah dengan tercatatnya riwayat kesehatan ibu secara digital, sehingga dapat diakses kapanpun dan dimanapun jika dibutuhkan,” ujar mahasiswa teknik industri tersebut.

Dengan adanya aplikasi ini Fury dan kawan-kawan berharap ibu hamil dapat menjaga kualitas kesehatan dan kandungannya. Dengan begitu, kesehatan ibu dan bayi baik pada masa kehamilan maupun pasca melahirkan dapat terjaga dengan baik.


Sumber : ugm.ac.id
Sumber Gambar :dok ugm.ac.id

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu