Menikmati dinginya salju tak harus jauh-jauh datang ke benua Eropa saja, saat puncak musim kemarau yang jatuh pada bulan agustus, Anda bisa menikmati fenomena alam yang langka di dataran tinggi Dieng, Jawa Tengah, yaitu merasakan kristalan salju di atas rumput. Oleh masyarakat Dieng kristalan-kristalan salju sering disebut, “Bun Upas”.

Brrrrrrr..... | foto : Obyekwisatadieng.com

Fenomena langka ini menjadi daya pikat wisatawan, pasalnya saat pagi hari suhu udara di Dieng mencapai 0’C, bahkan tahun lalu tembus minus 4’C, Sedangkan saat siang hari suhu udara di Dieng mencapai 20-22’C. Saat pagi hari sekitar jam 05.30 Anda dapat menuju plataran komplek Candi Arjuna Dieng untuk menikmati butiran salju yang sangat dingin.Menurut warga setempat, Bun Upas berpotensi merusak tanaman kentang karena suhu udaranya yang sangat ekstrim, biasanya petani kentang mengantisipasi hal ini dengan membuat perapian disekitar lahan pertanian.

Keindahan Embun Upas di Dataran Tinggi Dieng | foto : suararakyatindonesia.com )

Yang perlu dipersiapkan untuk wisatawan adalah menggenakan jaket tebal, sarung tangan dan penutup kepala, jangan lupa abadikan moment langka ini dengan sebuah dokumentasi.

Sumber: Obyekwisatadieng.com  |   belantaraindonesia.com

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu