Lupa Sandi?

Praktisi Beladiri Perancis Apresiasi Silat Tradisional

Mohammad Shihab
Mohammad Shihab
0 Komentar
Praktisi Beladiri Perancis Apresiasi Silat Tradisional
Praktisi Beladiri Perancis Apresiasi Silat Tradisional

Tokoh silat Jawa Barat, Gending Raspuzi, mengawali tur pencak silat di Eropa dengan melatih silat di Perancis. Lebih dari 20 praktisi dari berbagai latar belakang bela diri mengikuti workshop pencak silat tradisional yang diselenggarakan secara intensif oleh Asosiasi Pencak Silat Perancis (AFPS) pada tanggal 2-3 April di Fresnes, Paris, Perancis.

Dalam workshop ini, Gending Raspuzi membekali para peserta dengan materi pencak silat tradisional khas Tatar Sunda seperti Cimande, Sera, Ulin Makao (Banten). Ia mengajarkan bela diri asli Indonesia ini dengan metode pelatihan efektif yang diterapkannya di Garis Paksi.

Salah satu peserta mengalami cedera ringan sewaktu mengikuti sesi latihan. “Satu peserta yang pernah belajar silat Malaysia dan kickboxing sempat mengalami cedera sewaktu mengikuti sesi aliran Sera,” kata Gending melalui pesan multimedia.

Pencak silat tradisional mendapatkan sambutan hangat dari komunitas pencak silat di Perancis. Guillaume Laforast dari Association Pencak Silat Panglipur, menyampaikan apresiasinya atas penyelenggaraan pelatihan silat ini melalui akun Facebooknya.

Baca Juga

“Terima kasih kepada Kang Gending, guru senior Panglipur dan tokoh silat Jawa Barat. Dalam seminar ini, kami dapat mempraktekkan aliran tradisional Cimande, Ulin Makao, dan Garis Paksi System. Organisasi kami dan klub Panglipur Fresnes sangat bangga dapat menjadi penyelenggara seminar ini. Terima kasih juga kepada Eric Chatelier dan AFPS. Salam Pencak Silat,” tulis Guillaume di akun Facebooknya.

Kedatangan Gending di Perancis memang atas prakarsa Eric Chatelier, praktisi pencak silat sekaligus Presiden AFPS. AFPS adalah asosiasi pencak silat yang didirikan atas inisiatif Persekutuan Pencak Silat Internasional (PERSILAT). Asosiasi ini menaungi klub-klub yang ingin mengembangkan pencak silat di Perancis.

Setelah melatih pencak silat di Perancis, Gending akan melanjutkan workshop di Las Palmas (9-10/4), Dublin (16-17/4), dan Hannover, Jerman (23-24/4).

Gending Raspuzi merupakan tokoh silat Jawa Barat yang mendirikan organisasi silat Garis Paksi dan senior di Panglipur. Ia juga pernah mengajarkan aliran tradisional Sera dan Ulin Makao kepada aktor The Raid 2 dan Star Wars, Cecep Arif Rahman.

Untuk informasi lebih lanjut hubungi Shihab (081280255415) atau e-mail pencaksilatcamp@gmail.com. Informasi lainnya dapat diakses melalui situs www.garispaksi.org.

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG MOHAMMAD SHIHAB

Peneliti dan pengajar di bidang ilmu komunikasi. Bertindak sebagai manajer komunikasi di Lembaga Pewarisan Pencak Silat (Garis Paksi) Indonesia. ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
BJ. Habibie

Tanpa cinta, kecerdasan itu berbahaya. Dan tanpa kecerdasan, cinta itu tidak cukup.

— BJ. Habibie