Lupa Sandi?

Tokoh Silat Tradisional Perkenalkan 'Ibing Penca' Di Las Palmas

Mohammad Shihab
Mohammad Shihab
0 Komentar
Tokoh Silat Tradisional Perkenalkan 'Ibing Penca' Di Las Palmas

Setelah memberikan workshop di Fresnes, Perancis, tokoh silat Jawa Barat Gending Raspuzi melanjutkan tur pencak silat tradisional khas Jawa Barat di Las Palmas, Gran Canaria pada 9-10 April. 

Dengan kurikulum Garis Paksi System, Gending memberikan pelatihan pencak silat tradisional Sunda kepada 20 peserta di Claudio Conti Academy. Beberapa peserta wanita pun turut mengikuti latihan aliran Cimande, Ulin Makao (Banten), dan Sera. Selain aliran silat tradisional, Gending juga mengajarkan ngibing penca, menarikan jurus silat mengikuti latar musik kendang penca tradisional Sunda.

“Ini adalah seminar yang bagus. Saya sangat senang mengikuti seminar ini. Banyak orang-orang hebat dan menyukai silat Terima kasih kepada guru-guru, Claudio dan Gending. Hari yang menyenangkan,” kata Mateo Vera, salah satu praktisi bela diri dalam workshop tersebut melalui pesan Facebook.

Workshop pencak silat tradisional ini juga mendapatkan sambutan hangat dari Presiden Asosiasi Bela Diri Canaria, Alexis Moreno. Melalui akun Facebooknya, Alexis merasa terhormat bisa bertemu Gending yang sudah bersedia datang jauh-jauh dari Indonesia. Alexis tidak lupa memberikan plakat penghargaan kepada Gending sesaat setelah workshop selesai.

Baca Juga

Gending telah melatih banyak praktisi dari luar negeri. Kedatangan Gending di Las Palmas telah dinantikan oleh Linda Turci dan Claudio Conti, murid Garis Paksi sekaligus pendiri Claudio Conti Academy. Pasangan ini belajar pencak silat secara intensif kepada Gending secara virtual. Mereka juga pernah mengikuti latihan selama beberapa minggu di Bandung dua tahun yang lalu dan menjadi perwakilan Garis Paksi Indonesia di Italia dan Gran Canaria, Spanyol.

“Kami bangga menjadi penyelenggara workshop dan menyambut hangat guru kami Gending Raspuzi, pendiri Garis Paksi dan tokoh silat Jawa Barat, di akademi kami,” tulis Claudio Conti di laman Facebooknya.

Setelah workshop di Las Palmas, Gending selanjutnya akan mengajarkan pencak silat tradisional di Dublin, Irlandia (16-17/4) dan Hannover, Jerman (23-24/4).

Gending Raspuzi merupakan tokoh silat Jawa Barat yang mendirikan organisasi silat Garis Paksi dan senior di Panglipur. Ia juga pernah mengajarkan aliran tradisional Sera dan Ulin Makao kepada aktor The Raid 2 dan Star Wars, Cecep Arif Rahman.


Sumber: Rilis Pers, Garis Paksi
Sumber Gambar Sampul: Garis Paksi

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG MOHAMMAD SHIHAB

Pengajar ilmu komunikasi, pengamat hubungan kemasyarakatan, pengelola media sosial, dan publisis. ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
BJ. Habibie

Tanpa cinta, kecerdasan itu berbahaya. Dan tanpa kecerdasan, cinta itu tidak cukup.

— BJ. Habibie