Film Pendek 05:55 Karya Sineas Yogyakarta Juara di New York

Film Pendek 05:55 Karya Sineas Yogyakarta Juara di New York
info gambar utama

Film Indonesia masih terus mendapat apresiasi dunia. Bukan hanya film tentang pariwisata atau kisah kelam rezim yang mendapat perhatian dunia, tapi juga film pendek bertemakan kemanusiaan seperti yang satu ini. Film pendek berjudul 05:55 berhasil membawa pulang Global Short Film Awards di New York.

Seperti dilansir oleh Kantor Berita ANTARA, Acting Consul General Konjen New York, Benny YP Siahaan Senin (01/05/2016) mengabarkan bahwa film pendek hasil karya Komunitas Film Independen Yogyakarta Montase tersebut menjadi pemenang dalam kategori GSF 2016 Awards Best Cinematography.

05:55 (Foto: Globalshortfilmawards.org)
info gambar

Film karya Tiara Kristiningtyas dan Mohammad Azri itu bercerita tentang saat-saat sebelum terjadinya gempa Yogyakarta 2006 yang ketika itu menghancurkan hampir sebagian besar bangunan di Yogyakarta. Tidak hanya itu, korban jiwa juga berjatuhan.

Menariknya, film yang sudah beberapa kali menang di berbagai Festival Film di tanah air ini, ditampilkan dengan format hitam putih dan tanpa dialog sama sekali. Sehingga dianggap mampu menampilkan suasana mencekam saat bencana gempa tersebut terjadi. Berbagai sudut pengambilan gambar juga mampu merekam kuat potret keseharian masyarakat Yogyakarta yang berubah drastis. Alhasil, film bisu ini mampu mengalahkan finalis dari 56 negara lain.

Global Short Film Awards 2016 yang dilaksanakan di Bow Tie Chelsea Cinemas - 260 West 23rd Street, New York, 28 April yang lalu itu dihadiri para warga lokal pecinta film. Tidak hanya itu perwakilan KJRI New York juga hadir sebagai bentuk dukungan terhadap sineas Indonesia.

Para pemenang Global Short Film Awards 2016 New York dari berbagai kategori ini akan diundang dalam Cannes Film Festival 2016, 21 Mei 2016 di Cannes dan secara resmi akan dilakukan official awards presentation serta menghadiri berbagai gala dinner.

Selamat ya.

Sumber : ANTARA
Sumber Gambar Sampul : montaseproduction / youtube.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini