Lupa Sandi?

Cinta, Rangga, dan Game of Thrones

Akhyari Hananto
Akhyari Hananto
0 Komentar
Cinta, Rangga, dan Game of Thrones

Serial Games of Thrones mungkin memang tidak sangat populer di Indonesia, mengingat serial ini hanya bisa dinikmati mereka yang memiliki saluran TV Kabel/satelit di rumahnya. Namun di dunia, Game of Thrones adalah salah satu serial TV paling fenomenal yang pernah dibuat dalam sejarah pertelevisian dunia. 

Game of Thrones dibuat oleh David Benioff & DB Weiss yang ditayangkan di HBO, yang ceritanya mengadopsi dari seri novel epic fantasy berjudul "A Song of Ice and Fire" karya George R. R. Martin pada buku seri I yang berjudul A Game of Thrones.
Dikisahkan 7 Great Houses (keluarga besar) di benua Westeros & Essos saling berebut kekuasaan untuk dapat menduduki tahta besi "The Iron Throne" di ibukota Westeros yaitu King's Landing. Persengkongkolan, pengkhianatan, intrik tidak berkesudahan, peperangan hingga percintaan terlarang yang selalu mewarnai episode demi episode. Konflik-konflik ini dibumbui dengan alur cerita yang tak terduga, makhluk-makhluk mitos dan mistis seperti naga dan White Walker, serta efek animasi yang dahsyat. 

Satu lagi yang sangat menarik, adalah setting film ini mengambil berbagai tempat di Eropa, yang disajikan dengan gambar-gambar bergerak yang fantantis dan mengesankan. Sangking hebatnya penggambaran tempat-tempat tersebut, negara-negara yang menjadi tempat syuting Game of Thrones kini mulai merasakan dampak ekonominya. 

Maroko, Malta, Kroasia, Islandia, Spanyol, Skotlandia dan Irlandia Utara.  Kini, tempat-tempat lokasi syuting itu menjadi serbuan para fans Game of Thrones dari seluruh dunia. Sebut saja Irlandia Utara yang sebenarnya bukan tujuan utama turis saat berkunjung ke Inggris Raya. Salah satu setting Game of Thrones, yakni Winterfell, mengambil tempat di Irlandia Utara, dan tahun lalu, negara kecil  bagian dari Inggris Raya ini menikmati hampir $200 juta per tahun dari orang yang ingin merasakan Winterfell-nya Game of Thrones dalam dunia nyata. 

Baca Juga
Winterfell
Winterfell
King's Road, yang aslinya bernama The Dark Hedges di Irlandia Utara
King's Road, yang aslinya bernama The Dark Hedges di Irlandia Utara

Sementara itu, Islandia yang juga bukan salah satu pusat turisme dunia, menyatakan mereka menerima jauh lebih banyak kunjungan turis dari seluruh dunia setelah Game of Thrones tayang. Mereka umumnya ingin melihat bagaimana Jon Snow dan the Night Watch menghabiskan waktunya. 

North of Wall dalam Game of Thrones
North of Wall dalam Game of Thrones

Satu lagi yang juga sangat beruntung menjadi tempat syuting Game of Thrones adalah kota Dubrovnik di Kroasia. Setting kota eksotis Qarth dilakukan di kota ini, dan tanpa menunggu waktu lama, kota ini dibanjiri jutaan turis untuk melihat 'Qarth' di dunia nyata. 

Qarth
Qarth

====

Dunia layar lebar Indonesia tengah hingar bingar menyaksikan booming sekuel Ada Apa Dengan Cinta, yakni Ada Apa dengan Cinta 2 yang diputar serentak di Indonesia, Malaysia, dan Brunei. Konon, di Malaysia dan Brunei, film percintaan romantis ini juga cukup menyita perhatian dan seringkali sold-out. 

Yang menarik, banyak orang (yang sudah menonton) tak hanya membicarakan Rangga dan Cinta serta kisah cinta mereka, namun juga settingnya yang "sesuatu", yakni Yogyakarta. Sebagai orang Jogja, saya mengerti betul mengapa sang produser dan sutradara memilih kota budaya nan istimewa ini menjadi tempat syuting AADC 2. Yogyakarta memiliki karakter yang unik, dicintai banyak orang, tempat plural yang menyenangkan, tradisional, dan...menyimpan banyak keindahan. 

Punthuk Setumbu dan Borobudur | liburmulu.com
Punthuk Setumbu dan Borobudur | liburmulu.com

Siapa yang tak hanyut melihat Borobudur yang berselimut kabut dan tersiram warna keemasan matahari pagi? Juga akan kemegahan gunung Merbabu dan Merapi di kejauhan. 

Istana Ratu Boko
Istana Ratu Boko

Siapapun akan terbawa romantisme saat melewati gerbang Istana Ratu Boko di atas bukit dan melihat kota Jogja dari atas. 

Parangkusumo di senja hari | tripgabungan.com
Parangkusumo di senja hari | tripgabungan.com

Atau Pantai Parangkusumo yang bergelimang emas senja matahari senja. AADC 2 cukup mampu membawa Jogja menjadi buah bibir baru para traveler dan backpacker, mereka yang ingin mengikuti jejak-jejak yang tealh dibuat oleh AADC. 

Sebuah kawasan kecil di London, Notting Hill, kini menjadi salah satu tempat paling dikunjungi di London setelah menjadi settting film yang dibintangi Julia Robert dan Hugh Grant dengan judul yang sama "Notting Hill". 

Inilah kesempatan yang besar bagi Jogja, dan Indonesia. Para penggemar cinta, dan mereka yang kesengsem sama Rangga, bisa merasakan langsung gelora cinta mereka berdua, di Jogja, dan sekitarnya. 

Pilih BanggaBangga44%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli33%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi22%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG AKHYARI HANANTO

I began my career in the banking industry in 1997, and stayed approx 6 years in it. This industry boost his knowledge about the economic condition in Indonesia, both macro and micro, and how to unders ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Evan Dimas

Semua bisa dikalahkan kecuali Tuhan dan orang tua.

— Evan Dimas